Diduga Kampanye Terselubung, BPN Tuding Menteri Era Jokowi 'Keblinger'

Dimas Jarot Bayu
22 Februari 2019, 07:24
Debat Capres II
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan melaporkan dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan menteri-menteri Jokowi.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai banyak menteri di masa pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla keblinger. Mereka diduga berkampanye untuk petahana pada saat jam kerja.

Juru bicara debat BPN Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria mengatakan banyak menteri yang diduga berkampanye dalam kapasitasnya sebagai pejabat negara. Hal tersebut merupakan pelanggaran Pemilu.

Advertisement

"Saya kira menteri-menteri ini kalau mau jadi menteri lagi boleh tapi jangan melanggar aturan undang-undang. Pejabat negara tidak boleh, itu bagian dari kampanye, itu mengarahkan," kata Riza di Jakarta, Kamis (21/2).

Beberapa menteri yang diduga melakukan pelanggaran kampanye, antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Riza menduga Tjahjo melakukan pelanggaran kampanye lantaran menyebut dana desa ada karena Jokowi. Hal itu disampaikan Tjahjo dalam Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Jakarta, Rabu (20/2).

Nasir diduga melanggar kampanye karena menyerukan kepada para mahasiswa dan dosen mencoblos satu dan jangan dua di kertas suara suara agar sah. Hal itu Nasir sampaikan dalam acara peluncuran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24 di Denpasar, Bali, Kamis (21/2).

Sementara, Riza menduga Hanif melanggar aturan kampanye karena berkelakar menggunakan ushul fiqih agar para santri dan kyai tidak meninggalkan yang jelas untuk memburu yang tidak jelas. Hal itu disampaikannya setelah menyebutkan komitmen Jokowi kepada para santri dan kyai di acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama BLK Komunitas Tahap I/2019 di Jakarta, Rabu (20/2).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement