Sesi I IHSG Menghijau di Tengah Bursa Asia yang Melemah

Happy Fajrian
13 Maret 2019, 13:40
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 3,97 poin atau 0,06% pada akhir sesi I perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (13/3). Walau hanya naik tipis, kinerja IHSG menghijau di tengah merahnya bursa saham di Asia.

Siang hari ini mayoritas bursa saham Asia terpantau bergerak di zona merah. Indeks Nikkei berada di urutan buncit dengan koreksi terbesar 1,02%, diikuti Strait Times dengan koreksi 0,66%, Kospi turun 0,39%, Hang Seng turun 0,29%, PSEi turun 0,10%, serta Shanghai turun 0,06%.

Koreksi bursa saham Asia dipengaruhi sentimen ketidakpastian Brexit yang masih terkendala di tingkat parlemen. Pada Selasa (12/2) malam parlemen Inggris kembali menolak kesepakatan Brexit yang telah di negosiasi ulang dengan Uni Eropa oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Dengan demikian, parlemen Inggris harus segera mengambil suara hari ini apakah Brexit akan tetap dijalankan walau tanpa adanya kesepakatan apapun dengan UE, atau kembali memperpanjang tenggat Brexit.

IHSG pada sesi I ini sepertinya tidak terlalu terpengaruh oleh sentimen dari Inggris tersebut. Sebanyak 190 saham terpantau mengalami kenaikan, 170 saham turun, dan 139 saham lainnya tidak bergerak. Nilai transaksi saham pada sesi I tercatat sebesar Rp 3,73 triliun dari 8,29 miliar saham yang diperdagangkan oleh investor.

(Baca: Dibuka di Zona Merah, IHSG Masih Berpotensi Terkoreksi)

Sentimen dari Amerika Serikat (AS) dengan tingkat inflasi Februari 2019 yang lebih rendah memberikan sedikit suntikan optimisme kepada investor bahwa kondisi perekonomian AS tidak seburuk yang dipersepsikan selama ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...