Sesi I IHSG Bertahan di Zona Hijau Naik 0,15%

Happy Fajrian
14 Maret 2019, 13:36
BEI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Indeks harga saham gabungan (IHSG) bertahan di zona hijau pada akhir sesi I perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis siang (14/3). Kinerja IHSG terutama ditopang oleh saham-saham di sektor industri dasar dan aneka industri.

Hingga sesi I berakhir sektor industri dasar telah mengalami kenaikan sebesar 2,04% dan aneka industri naik 0,89%. Selain itu sektor tambang naik 0,27%, keuangan naik 0,26%, dan manufaktur naik 0,2% turut menopang kinerja IHSG.

Advertisement

Namun, sektor konsumer menahan laju positif IHSG dengan terkoreksi 0,78%. Beberapa saham sektor konsumer yang terkoreksi cukup dalam di antaranya saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES) yang harganya turun 2,21%, PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) turun 1,56%, PT Gudang Garam Tbk (GGRM) turun 0,93%, PT serta PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) turun 0,6%.

Total transaksi saham pada sesi I ini tercatat mencapai Rp 4,62 triliun dengan volume saham yang diperdagangkan mencapai 8,69 miliar saham. Sebanyak 203 saham bergerak naik, 166 saham turun, dan 128 saham lainnya tidak berubah.

(Baca: Banyak Sentimen Positif Global, IHSG Diprediksi Naik)

Sementara itu dana asing masih mengalir keluar dari pasar saham karena investor asing masih melakukan aksi penjualan saham bersih senilai Rp 183,01 miliar di pasar reguler. Selama sepekan terakhir dana asing yang keluar melalui pasar saham telah mencapai Rp 2,17 triliun.

Beberapa saham yang paling banyak dilepas oleh investor asing yaitu saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) senilai Rp 76,7 miliar, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) Rp 45,6 miliar, PT United Tractors Tbk. (UNTR) Rp 27,9 miliar, serta PT Astra International Tbk. (ASII) Rp 13,5 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement