Katadata Show
KATADATA
Image title
Oleh
27 Maret 2015, 14:32

Petisi Blok Mahakam untuk Rakyat

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menerima petisi dari ribuan petitor terkait Blok Mahakam yaitu, ?Petisi Blok Mahakam untuk Rakyat? di Jakarta, Jumat (27/03). Petisi tersebut berisi tuntutan agar pemerintah segera memutuskan untuk menyerahkan pengelolaan 100 persen Blok Mahakam kepada PT Pertamina (Persero). Petisi tersebut ditandatangani oleh ribuan petitor termasuk beberapa guru besar dari sejumlah universitas. Menteri ESDM, Sudirman Said, pun menyatakan dukungannya atas isi petisi tersebut.

Koordinator Petisi Blok Mahakam Marwan Batubara, mengatakan tuntutan pertama adalah meminta pemerintah segera menerbitkan surat keputusan penyerahan 100 persen saham Blok Mahakam kepada Pertamina tanpa kewajiban mengikutsertakan Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation. 

Berikut di bawah ini adalah isi ?Petisi Blok Mahakam untuk Rakyat?.

1.     Menuntut pemerintah untuk segera menerbitkan surat keputusan penyerahan 100 persen saham Blok Mahakam kepada Pertamina tanpa kewajiban mengikutsertakan Total dan Inpex.
2.    Meminta kepada Total, Inpex dan para antek pendukungnya, termasuk para oknum begal di seputar istana, untuk menghentikan segenap upaya memengaruhi pemerintah dalam memutuskan penyerahan 100 persen Blok Mahakam kepada Pertamina.
3.    Meminta pemerintah menertibkan para oknum pejabat yang terus mencari-cari alasan dan menggiring opini publik untuk masih memberi kesempatan kepada asing memiliki saham Blok Mahakam.
4.    Meminta pemerintah untuk berperan aktif mengendalikan dan menjamin penyerahan 10 persen saham Pertamina di Blok Mahakam kepada Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutai Kertanegara. Partisipasi kedua pemda memiliki saham Blok Mahakam bersama Pertamina harus diwujudkan dalam sebuah konsorsium yang tidak melibatkan perusahaan swasta.
5.    Meminta pemerintah, SKK Migas dan Total untuk segera  memberi kesempatan kepada Pertamina melakukan berbagai langkah dan progam yang dibutuhkan guna menjamin terwujudnya pengalihan pengelolaan Mahakam secara lancar, selama masa transisi.
6.    Meminta semua pihak, terutama para oknum begal Mahakam, untuk menghentikan intervensi, melakukan KKN dan menggadaikan kekayaan rakyat dalam rangka berburu rente dan memenuhi kepentingan pihak asing maupun para investor.
7.    Meminta manajemen Pertamina untuk konsisten dengan sikap yang telah dinyatakan oleh manahemen Pertamina terdahulu, sejak 2010, yakni ?Mau dan Mampu Mengelola 100 persen Saham Blok Mahakam?.
8.    Meminta kepada KPK untuk memantau dan mencermati langkah-langkah yang diambil pemerintah dan para begal di seputar pemerintahan, dalam proses menuju penetapan status kontrak dan pemilikan saham Blok Mahakam, agar bebas dari tindak KKN.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami