Wilayah Indonesia sedang menghadapi puncak musim hujan sehingga bencana banjir atau hidrometeorologi terjadi di mana pun.
19
Banjir Cipinang Melayu
Foto ke 1 dari 19
Suasana banjir di Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta, Senin (20/2). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

 

Curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir di sejumlah daerah diperkirakan masih akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan. Beberapa wilayah yang dilanda bencana itu di Jakarta, Bekasi, Cirebon, Gresik, Aceh hingga Minahasa.

Ketinggian air yang bervariasi hingga 1,5 meter tersebut menyebabkan ribuan rumah warga terendam dan masyarakat harus mengungsi. Selain merendam rumah-rumah warga, sarana dan prasarana umum, banjir juga merusak lahan sawah.

Menurut Deputi Bidang Metereologi BMKG Yunus S. Swarinoto, potensi hujan akan meningkat beberapa hari ke depan, khususnya di wilayah pantai barat Sumatera, Sumatera Bagian Utara, Selatan, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek. "Selain itu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Timur, Sulawesi bagian tengah, Selatan dan sebagian besar Papua," katanya  dalam siaran pers, Selasa (21/2).

 

Artikel Terkait
Apakah wacana pemindahan ibu kota akan benar-benar terwujud di era pemerintahan Joko Widodo? Itu tergantung hasil kajian Bappenas yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.