"Perbedaan pemilihan politik jangan sampai memecah-belah karena kita ingat kita semua bersaudara apa pun hasilnya, siapa pun yang terpilih, harus kita terima dengan lapang dada," kata Jokowi.
19
Pilkada DKI II 2017
Foto ke 3 dari 19
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi Presiden PKS Sohibul Iman menyaksikan pidato kemenangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di DPP Partai Gerindra, Jakarta, Rabu (19/4). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Warga ibukota terlihat antusias untuk menunaikan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua, Rabu, (19/4). Sejak pagi hari, 13.034 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di eantero Jakarta sudah dipadati oleh masyarakat. Ada sebanyak 7.218.280 pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih.

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melakukan pencoblosan di TPS 54 kawasan Pantai Mutiara, Pluit. Sedangkan calon gubernur nomor urut tiga Anies Baswedan menggunakan hak pilihnya di TPS 28 Cilandak Barat.

Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo Jokowi turut mencoblos di TPS 04 Gambir, Jakarta Pusat. "Perbedaan pemilihan politik jangan sampai memecah-belah karena kita ingat kita semua bersaudara apa pun hasilnya, siapa pun yang terpilih, harus kita terima dengan lapang dada," katanya usai mencoblos.

Sekitar empat jam setelah TPS ditutup pukul 13.00 WIB, publik pun sudah mengetahui pemenang pesta demokrasi ini melalui hitung cepat sejumlah lembaga survei. Rata-rata hasilnya, pasangan Anies-Sandi meraup 58 persen suara, sedangkan Ahok-Djarot 42 persen.

Hasil ini disambut dengan penuh suka cita oleh para pendukungnya. Namun, semuanya berjalan aman dan tertib. Warga Jakarta bersiap menyambut gubernur baru pada Oktober nanti.

Artikel Terkait
Anies mendapat masukan untuk menghapus pasal-pasal yang berkaitan dengan Reklamasi Teluk Jakarta.