Tol Sumatera Show
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Image title
6 Juni 2017, 07:00

Pemudik di Tiga Provinsi Sudah Bisa Menjajal Tol Sumatera

Mulai Lebaran tahun ini, para pemudik di beberapa provinsi di Sumatera dapat menikmati jalan tol yang telah rampung dibangun. Setidaknya ada empat ruas jalan tol di tiga provinsi yang sudah dapat dilalui tanpa dipungut biaya.

Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat empat ruas tol tersebut adalah jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I ruas Palembang–Pemulutan di Sumatera Selatan sepanjang 12 kilometer (km). Kedua, jalan tol Medan–Binjai Seksi 2 Helvetia–Semayang di Sumatera Utara sepanjang 6,18 km.

Ketiga, jalan tol Medan–Binjai Seksi 3 Semayang–Binjai di Sumatera Utara sepanjang 4,28 km. Keempat, jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) Segmen Lematang-Kotabaru di Provinsi Lampung sepanjang 5,02 km. 

Untuk memastikannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meninjau pembangunan salah satu ruas tol tersebut, yakni Tol Palindra Seksi I  ruas Palembang–Pemulutan pada 24 Mei lalu.

Sementara itu, ruas tol Trans Sumatera lain yang akan selesai pembangunannya tahun ini di antaranya, ruas Palembang-Indralaya 22 km, Bakauheni Terbanggi Besar Paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) Segmen Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,90 km dan  Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km. 

Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami