Petani Garam Show
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Image title
8 Agustus 2017, 14:48

Simalakama Petani Garam

Pemerintah akhirnya menugaskan PT. Garam untuk mendatangkan 75 ribu ton garam konsumsi dari Australia. Langkah tersebut diambil untuk memenuhi kebutuhan garam sekaligus menstabilkan harganya. Rencananya garam impor tersebut akan sampai di Tanah Air melalui tiga pelabuhan besar yaitu pelabuhan Ciwandan, Banten; Tanjung Priok, Jakarta; dan Belawan, Medan pada 10 Agustus mendatang.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, harga garam melonjak lantaran produksi garam terganggu akibat curah hujan yang cukup tinggi. "Ini situasi khusus," kata dia saat Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Jumat (28/7).

Adapun pemerintah memiliki jatah impor garam konsumsi sebanyak 226.124 ton tahun ini. Namun, Oke memastikan kebijakan impor akan dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menganggu produksi garam di dalam negeri. Pemerintah tidak akan melakukan impor lagi bila produksi garam di dalam negeri sudah kembali normal.

Berdasarkan pantauan Katadata di Pasar Ciputat beberapa hari lalu, sebungkus garam 150 gram dijual dengan harga Rp 2.000. Sebelum kelangkaan, dengan biaya Rp 2.000 bisa mendapatkan tiga bungkus garam 150 gram.

Ke depan, untuk menjaga pasokan garam tetap stabil, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal fokus dalam program pengembangan usaha garam rakyat (pugar). Dalam program tersebut, kementerian juga membangun gudang untuk menyimpan hasil produksi garam rakyat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami