Depot LPG Pertamina Show
Arief Kamaludin | Katadata
Image title
21 Mei 2018, 19:34

Langkah Pertamina Menyiapkan LPG dan BBM Menyongsong Lebaran

PT Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) LPG dan BBM untuk menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H. Satgas akan mengawal ketersediaan dan kelancaran distribusi kedua komoditas energi itu ke seluruh wilayah terutama pada masa mudik Lebaran. Mereka aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyatakan Pertamina sudah melakukan evaluasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG di periode itu. Selama puasa dan Lebaran, konsumsi BBM harian diperkirakan naik 15 persen. Karena itu, Pertamina akan meningkatkan stok dan penyaluran BBM dari rata-rata harian gasoline 90 ribu kiloliter menjadi 104 ribu kiloliter per hari.

Perseroan pun akan meningkatkan penyaluran LPG seiring puncak arus yang diperkirakan pada minggu terakhir menjelang Idul Fitri. Kenaikannya diprediksi 17 persen dari rata-rata harian 23.124 metrik ton menjadi 27.000 metrik ton. Sementara ketahanan stok LPG ditingkatkan menjadi 17,6 hari.

Dari sisi distribusi, perusahaan pelat merah ini akan menyiagakan 3.094 agen LPG PSO dan NPSO serta 31.612 pangkalan LPG PSO di seluruh Indonesia. “Kita juga menyiagakan 49 SPPBE kantong di Pulau Jawa untuk memastikan kelancaran suplai LPG selama arus mudik,” ujar Adiatma.

Tak hanya itu, Pertamina membuka posko pengaduan melalui nomor Pertamina 1 500 000 serta posko pengaduan di tiap marketing operation region (MOR) di seluruh Indonesia.  Masyarakat dapat menyampaikan kondisi ketersediaan BBM dan LPG di wilayahnya, termasuk jika ada pelanggaran di agen dan SPBU.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami