ESDM Optimistis Stok Batu Bara PLN Akhir Januari Bisa Capai 20 HOP

Image title
18 Januari 2022, 18:50
batu bara, pln, kementerian esdm, pasokan batu bara, pltu
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (24/11/2021).

Kementerian ESDM memastikan pasokan batu bara untuk PLN yang beberapa hari lalu mengalami krisis mulai kembali pulih. Bahkan, pasokan batu bara untuk perusahaan setrum di akhir bulan ini ditargetkan dapat memenuhi standar minimal 20 hari operasi (HOP) pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan pemerintah terus memantau pergerakan stok batu bara setiap hari, khususnya pada 17 PLTU yang semula kondisinya kritis.

"Sampai hari ini tanggal 18 itu sudah membaik dan kami punya target sampai akhir Januari itu rata-rata sudah sampai 20 hari HOPnya. Jadwal pengiriman sudah ada, tongkang sudah ada," ujar dia dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (18/1).

Di samping itu, PLN bersama dengan Direktorat Jenderal Minerba setiap hari juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan jadwal pengiriman dan ketersediaan kapal angkutan batu bara ke unit PLTU.

Pengawasan dilakukan sejak titik awal pengiriman hingga titik loading di pelabuhan. Adapun jika terdapat indikasi mengalami keterlambatan 1-2 hari kerja, maka PLN bersama dengan Direktorat Jenderal Minerba langsung mengambil rencana lain supaya keterlambatan tersebut tidak berpengaruh pada HOP.

"Dari hari ke hari sampai saat hari ini HOP kita sudah semakin membaik dengan sendirinya. Bisa dikatakan tidak perlu dikhawatirkan ancaman mati lampu. Tapi yang 17 PLTU ini yang paling krisis, meskipun demikian kita terus memantau rantai pasokan batu bara di seluruh PLTU yang ada di Indonesia," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...