Pekerjaan Rumah Presiden Baru

Image title
Oleh
11 Juni 2014, 18:35

KATADATA ? Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono diakui telah mewariskan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil dengan tingkat inflasi yang relatif terkendali. Alhasil, Indonesia berhasil masuk dalam kelompok negara berpenghasilan menengah.

Namun persoalannya, pertumbuhan tersebut tidak diimbangi dengan pemerataan. Kesenjangan pendapatan antara kelompok masyarakat masih tinggi. Ini ditunjukkan dengan indeks rasio gini yang meningkat. Begitu pula dengan tingkat pengangguran yang bertambah, seiring kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang rendah.

Persoalan-persoalan inilah yang dinilai Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti sebagai tantangan yang mesti dihadapi oleh presiden baru yang sebentar lagi akan kita miliki. Menurut dia, salah satu penyebab dari merosotnya kualitas perekonomian Indonesia saat ini adalah beralihnya sektor penyumbang pertumbuhan dari sektor tradable yang menyerap banyak tenaga kerja dan berorientasi ekspor ke sektor non-tradable.

Jika tidak segera diatasi, Destry menilai, Indonesia dapat kepayahan jika ekonomi di negara maju pulih lebih cepat. Jebakan sebagai negara berpenghasilan menengah (middle income trap) bisa betul-betul terjadi.

Reporter: Desy Setyowati, Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami