Cadangan Gas Indonesia, Terbesar ke-14 Dunia

Image title
Oleh
2 Juli 2014, 13:49

KATADATA - Indonesia merupakan salah satu negara penghasil gas alam papan atas di dunia. Data BP Statistics 2014 menunjukkan cadangan gas alam terbukti Indonesia mencapai 103,3 triliun kaki kubik. 

Dengan angka cadangan tersebut menempatkan Indonesia berada pada posisi ke-14 pemilik cadangan terbesar di dunia. Bahkan, di kawasan Asia, Indonesia merupakan pemilik cadangan gas terbesar kedua setelah China yang memiliki 115,6 triliun kaki kubik gas alam. 

Pemegang cadangan gas alam terbesar di dunia adalah Iran dengan volume cadangan mencapai 1.192,9 triliun kaki kubik. Posisi kedua disusul oleh Rusia dengan jumlah cadangan gas terbukti sebesar 1.103,6 triliun kaki kubik. 

Kendati memiliki cadangan gas yang cukup besar, namun gas alam belum digunakan secara maksimal di Indonesia. Sebagian besar gas alam tersebut dijual ke pasar ekspor. Untuk konsumsi domestik, proporsi pemakaian gas alam hanya mencakup 17 persen dari total kebutuhan energi Indonesia. Mengacu pada tingkat produksi sekarang, cadangan gas alam Indonesia bisa bertahan untuk jangka waktu 50 tahun. 

Dengan tingkat cadangan yang masih melimpah dan berharga jauh lebih murah ketimbang bahan bakar minyak (BBM), salah satu solusi yang ditawarkan oleh tim energi Jokowi-Jusuf Kalla adalah menerapkan kebijakan konversi BBM ke gas secara masif. Langkah ini diperkirakan akan berdampak signifikan bagi pengurangan subsidi BBM yang selama ini selalu membebani anggaran negara. 

Reporter: Edwin Solahuddin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami