Siapa Berani Lawan Mafia Migas

Image title
Oleh
14 Agustus 2014, 12:03

KATADATA ? Sejumlah nama kandidat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral kabinet pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla mulai beredar di publik. Salah satu kriteria Jokowi dalam memilih kandidat tersebut adalah keberanian memberantas jaringan mafia migas.

"Yang menjadi Menteri ESDM harus memiliki leadership yang kuat, kemampuan manajerial, bersih dan berkomitmen kuat untuk memberantas mafia migas," ujar Presiden terpilih, Jokowi.

Sejauh ini, dari sejumlah nama yang mengemuka ke publik, beberapa diantaranya dianggap berani untuk memberantas mafia migas. Mereka berasal dari kalangan pemerintahan maupun dari para profesional yang menekuni industri minyak dan gas bumi, serta pertambangan.

Dari kalangan birokrat, beberapa diantaranya merupakan tokoh senior yang dinilai sejumlah kalangan memiliki keberanian melawan mafia migas, seperti Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto dan mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi, Erry Riyana Hardjapamekas.

Sedangkan, beberapa nama lainnya, seperti Evita Legowo, Luluk Sumiarso, Raden Priyono dianggap memiliki pengalaman yang mumpuni di industri migas. Namun, keberanian mereka menghadapi mafia migas masih diragukan. (Baca: Raden Priyono dan Ari Soemarno Calon Kuat Menteri ESDM)

Satu nama lagi yang diusung dari sosok yang berpengalaman di birokrat adalah Sofyan Djalil. Namun, belum mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni di industri migas dan pertambangan.

Reporter: Heri Susanto, Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami