Ekonomi Indonesia Terbesar ke-9 Dunia

Image title
Oleh
21 Oktober 2014, 15:31

KATADATA ? Dana Moneter Internasional (IMF) menempatkan Indonesia pada urutan ke-9 sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia. PDB Indonesia hingga akhir tahun 2014 diperkirakan mencapai US$ 2,6 triliun. Posisi ini menggeser PDB Inggris yang hanya sebesar US$ 2,4 triliun.

Nilai ekonomi tersebut diperhitungkan sebagai hasil perbandingan daya beli barang atau jasa di suatu negara, dengan jenis barang atau jasa yang sama dengan menggunakan mata uang dolar di Amerika Serikat. Istilah ini dikenal dengan purchasing power parity (PPP). Contohnya, The Economist menggunakan metode perhitungan tersebut berdasarkan harga burger McDonald's atau dikenal dengan ?The Big Mac index?.

Ekonom Bank DBS, Gundy Cahyadi mengatakan pusat perekonomian dunia kini sedang berpindah dari kawasan Amerika dan Eropa ke Asia. Kemajuan Asia ini mementahkan anggapan bahwa AS masih menjadi kekuatan terbesar ekonomi dunia yang menggerakkan pertumbuhan global. Menurut hasil riset DBS, ke depan, Asia akan menciptakan raksasa ekonomi setara Jerman setiap tiga tahun. Raksasa ekonomi baru pertama diperkirakan akan terjadi pada 2023, kedua pada 2031, dan ketiga pada 2038.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami