Struktur Kabinet "Trisakti" Pemerintahan Joko Widodo

Image title
Oleh
23 Oktober 2014, 15:57

KATADATA ? Menurut surat yang dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), 21 Oktober 2014, kabinet Joko Widodo dalam 5 tahun pemerintahannya akan memiliki nama "Kabinet Trisakti". Komposisinya terdapat 32 kementerian dengan empat menteri koordinator yaitu bidang politik hukum dan keamanan, bidang kemaritiman, bidang perekonomian, serta pembangunan manusia & kebudayaan.

Selain itu, terdapat pula empat lembaga lain yang tetap difungsikan untuk membantu terselenggaranya pemerintahan dengan baik. Empat lembaga tersebut yakni Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Ekonomi Kreatif, Badan Pengembangan Ekspor Nasional dan TNP2K. Tadi malam, mantan Ketua Transisi Joko Widodo, Rini Soewandi di Istana Kepresidenan menyebut bahwa pengumuman kabinet memang masih menunggu pertimbangan dari DPR.

Dalam penamaan kementerian memang terdapat perubahan nomenklatur di banding periode Susilo Bambang Yudhoyono. Perbedaan lain yakni dari komposisi orang yang akan mengisi kementeriannya nanti. "Kementerian nantinya akan diisi oleh 18 profesional murni dan 16 profesional partai," kata Presiden Jokowi.

Reporter: Agus Dwi Darmawan
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami