Asia, Pemacu Urbanisasi Global

Image title
Oleh
24 Desember 2014, 18:33

KATADATA ? Libur panjang kerap menjadi momentum arus urbanisasi. Ketika liburan berakhir, populasi kota-kota urban meningkat dengan kehadiran pendatang dari pedesaan. Bagi kawasan urban, peningkatan populasi berarti naiknya permintaan dan terbukanya peluang dan cara bisnis baru.

DBS Group Research dalam laporannya ?Asian Gamechangers: Going to Town Urbanisation in Asia? menyebutkan,  urbanisasi di Asia mendorong pertumbuhan ekonomi sepuluh kali lipat dibanding pertumbuhan yang dialami Inggris ketika periode industrialisasi seabad silam.

Dalam peta demografi global, Asia menjadi motor pemacu urbanisasi dunia. Populasi di kota-kota besar Asia tumbuh dengan pesat. Didorong urbanisasi, setiap tahunnya, populasi kota besar Asia bertambah 44 juta orang. Kota-kota urban di Asia inilah yang akan menjadi simpul baru kekuatan ekonomi dunia, menggantikan kota-kota di Eropa dan belahan utara Amerika.

Dengan pertumbuhan yang pesat, pada pertengahan abad ini, tiga miliar populasi urban yang mendiami Asia akan mengembalikan kejayaan benua ini sebagai pusat ekonomi dunia, yang pernah terjadi pada abad 15 silam. Ketika itu, Asia menyumbang lebih dari dua per tiga Produk Domestik Bruto (PDB) dunia, sebelum digantikan oleh Eropa, dan kini Amerika Serikat.

Reporter: Heri Susanto
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami