Lima Kilang Minyak Segera Di-upgrade

Image title
Oleh
15 Januari 2015, 10:02

KATADATA ? Pertamina merencanakan untuk revitalisasi dan ekspansi lima kilang minyak miliknya. Kelima kilang ini ialah kilang Balongan, kilang Balikpapan, kilang Cilacap, kilang Dumai dan kilang Plaju. Pembangunan kilang dilakukan dalam waktu berbeda antar satu kilang dengan yang lainya. Semua kilang ini ditargetkan dapat selesai pada 2025.

Sejak Desember lalu, Pertamina telah menetapkan tiga perusahaan asing sebagai mitra strategis yang akan membantu dalam evaluasi proyek dan rencan investasi.Selama 10 tahun ke depan, pengembangan kelima kilang ini membutuhkan investasi sebesar US$ 25 miliar.

Terakhir kali, Indonesia membangun kilang minyak, yaitu kilang Balongan, pada tahun 1994. Guna menyesuaikan pasokan dengan kebutuhan konsumsi nasional, disamping pengembangan kilang yang ada, setidaknya dibutuhkan lagi pembangunan 2 kilang minyak baru.

Pemerintah pun mendukung Pertamina dengan tidak menagih dividen Pertamina pada tahun anggaran 2015. Sehingga bisa digunakan dalam berbagai pendanaan proyek ? proyek hulu dan hilir. Seperti menambah eksplorasi, meningkatkan produksi minyak dan gas, membiayai akuisi blok dan menambah stok BBM dari 18 hari menjadi 30 hari. 

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami