Thailand Unggul Head to Head

Image title
Oleh Widyanita
17 Desember 2016, 09:15

Indonesia akan dijamu Thailand dalam leg kedua partai final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12). Dari rekor pertemuan keduanya, tim tuan rumah lebih unggul. Bahkan dari 10 laga terakhir, Indonesia hanya mengantongi tiga kemenangan termasuk pertandingan final leg pertama di Stadion Pakansari Rabu lalu (14/12). Tujuh partai sisanya berakhir dengan keunggulan Thailand.

(Databoks: Indonesia Sudah Kebobolan 10 Gol di Ajang AFF 2016)

Meski Thailand lebih diunggulkan karena catatan head to head dan status juara bertahan, Indonesia masih memiliki peluang. Kemenangan di leg pertama menjadi modal bagi tim Merah Putih untuk bertandang ke Stadion Rajamangala. Indonesia hanya memerlukan hasil seri untuk menjadi juara. Namun, bermain di kandang dengan dukungan suporter menjadi keuntungan sendiri bagi tim Gajah Putih untuk membalas kekalahan.

(Infografik: Final Piala AFF 2016, Indonesia Bertekad Akhiri Tradisi Runner Up)

Kedua tim memang berambisi juara untuk mengukir sejarah. Bagi tim Garuda ini akan menjadi gelar pertama selama 11 kali penyelenggaraan Piala AFF. Sementara untuk Thailand, selain akan mencatat rekor gelar Piala AFF terbanyak, kemenangan ini akan menambah daftar panjang keunggulan head to head dengan Indonesia dan mengulang hasil final turnamen serupa pada 2000 dan 2002.

(Databoks: 4 Kali Jadi Runner Up AFF, Indonesia Akan Hadapi Final Ke-5)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami