Beban Berat Luis Milla

Image title
Oleh Nazmi Haddyat Tamara
24 Januari 2017, 18:39

PSSI resmi menunjuk Luis Milla Aspas sebagai pelatih anyar tim nasional sepak bola Indonesia, Jumat (20/1). Milla menggantikan Alfred Riedl yang tak diperpanjang kontraknya setelah Piala AFF 2016. Pelatih asal Spanyol itu dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan masa kerja

Tak tanggung-tanggung, target tinggi pun dibebankan PSSI kepada Milla. Milla akan melatih timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Pelatih berusia 50 tahun tersebut ditargetkan membawa skuat Garuda Muda meraih emas sepak bola Sea Games tersebut. Milla juga dibebani membawa timnas masuk empat besar di ajang Asian Games  2018.

Luis Milla menapaki karier profesionalnya di Barcelona B, sampai akhirnya mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama Barcelona. Dengan posisi gelandang bertahan, Milla telah bermain untuk tim nasional Spanyol, Barcelona dan juga Real Madrid, serta Valencia.

Karir kepelatihan Milla cukup bersinar. Menjadi pelatih tim nasional dari U-19 hingga U-23 Spanyol pada kurun 2008 hingga 2012. Dia sukses besar membawa skuat Spanyol menjadi runner-up Piala Eropa U-19 pada 2010, dan akhirnya menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011. Alumni dari asuhan Milla tersebut antara lain Juan Mata, Ander Herrera, David De Gea, Thiago Alcantara hingga Javi Martinez.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami