Nilai sumber daya dan jasa laut Indonesia mencapai US$ 2,5 triliun per tahun.

Dengan luas 1,9 juta kilometer persegi, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak pelak, laut Nusantara yang membentang dari barat ke timur sepanjang lebih dari 5000 kilometer, memberikan kontribusi besar bagi perikanan dunia. Perairan Indonesia merupakan habitat bagi 76 persen terumbu karang dan 37 persen ikan karang dunia.

Keberadaan laut menjadi penopang ekonomi masyarakat. Sekitar 2,8 juta keluarga nelayan yang tersebar di 9.326 desa pesisir menggantungkan hidup dari laut. Hasil tangkapan nelayan menjadi sumber protein penting bagi masyarakat. Selain itu, laut juga digunakan sebagai sarana utama kegiatan transportasi dan distribusi ke seluruh wilayah. 

Organisasi non-pemerintah yang bergerak dalam bidang lingkungan, World Wide Fund (WWF) for Nature memperkirakan aset laut Indonesia mencapai US$ 24 triliun. Jika dibandingkan dengan negara ekonomi terbesar dunia, kekayaan laut Indonesia menempati peringkat ketujuh dengan nilai sumber daya dan jasa hingga US$ 2,5 triliun per tahunnya. 

Jeany Hartriani