6 Cara Hidari Macet di Brexit

Image title
Oleh Widyanita
20 Juni 2017, 17:41

Pemerintah menyiapkan sejumlah skenario untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2017. Untuk mencegah kemacetan di pintu keluar tol Brebes Timur (Brexit), pemerintah melakukan rekayasa lalu lintas dengan menyiapkan jalur-jalur alternatif dan memfungsikan ruas tol yang belum selesai dibangun.

(Baca: Tiga Jalur Mudik Disiapkan untuk Cegah Horor Brexit)

Untuk menghindari penumpukan kendaraan di Brexit seperti yang terjadi pada musim mudik tahun lalu, pemerintah telah mempersiapkan sejumlah cara. Antara lain, mengoperasikan jalan tol fungsional dari Brexit hingga Weleri. Ruas ini dikhusus untuk dilalui kendaraan kecil. Kemudian mengoperasikan 18 gardu pembayaran tol, termasuk 10 gardu di jalan tol fungsional.

(Baca: Empat Flyover Pengurai Macet di Brexit Beroperasi H-5 Lebaran)

Skenario lain yang dibuat yakni memberlakukan sistem buka tutup tol ruas Cipali dan Pejagan-Brexit. Jalan tol akan ditutup jika antrean kendaraan di pintu keluar mencapai 2 km. Pemerintah juga mengoperasikan empat jalan layang (flyover ) baru untuk mengurai kemacetan di sekitar pintu tol.

(Ekonografik: Trans Jawa untuk Kelancaran Arus Mudik)

Kemacetan mudik ke berbagai daerah di Pulau Jawa tahun ini juga diharapkan dapat dikurangi dengan memfasilitasi mudik gratis serta meningkatkan pelayanan di sekitar jalur mudik.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami