4 Strategi Pemerintah Perkuat Keamanan Siber

Image title
Oleh
29 Agustus 2017, 14:00
4 Strategi Pemerintah Perkuat Keamanan Siber
Katadata

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia selain membawa dampak positif, juga bisa menjadi ancaman. Hal ini disebabkan maraknya penyebaran konten negatif dan hoax di media sosial dapat mempengaruhi masyarakat hingga mengancam persatuan bangsa. Untuk mengatasinya, pemerintah menyiapkan empat strategi, mulai upaya sosialisasi hingga penindakan konten yang membawa pengaruh buruk.

Pertama, pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Informasi (Kominfo) berkerja sama dengan lima universitas negeri dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk meningkatkan kualitas informasi publik. Kedua, melakukan sosialisasi konten berkualitas di berbagai daerah maupun dalam berbagai sosial media. Ketiga, mendorong revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Keempat, menindak berbagai konten negatif seperti pornografi, perjudian, hingga yang berunsur kebencian terhadap suku, agama, maupun ras.

Selain empat strategi, Kominfo juga tengah menyiapkan standardisasi keamanan siber dengan membentuk peta jalan pedoman penanganan keamanan siber. Hal ini dimaksudkan untuk menangkal munculnya kejahatan sebagai dampak dari makin meningkatnya pengguna internet di Tanah Air. Peta jalan ini diagendakan rampung pada Oktober 2017.

Reporter: Jeany Hartriani
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement