10 Titik Macet Jalur Mudik 2018

Image title
8 Juni 2018, 15:00

Lonjakan pemudik moda transportasi pribadi mencapai 12 juta orang. Mayoritas pemudik ini akan menggunakan ruas Tol Trans Jawa sebagai jalur mudik. Ruas Tol Trans Jawa terdiri dari 524 km jalan tol yang berfungsi secara operasional dan 234 km secara fungsional.

Untuk menjaga kelancaran arus mudik Lebaran, Kementerian PUPR memprediksi ada 10 titik macet sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Di Kawasan Barat, titik macet berada di sekitar Tol Merak, Simpang Susun Cikunir, Tol Cikarang, Cikampek dan Ciawi.

Jalur fungsional sepanjang tol Pemalang menuju Batang juga diperkirakan akan menjadi titik macet utama sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Titik macet lainnya diperkirakan berada di Jalur Batang menuju Salatiga. Selain itu, lokasi Rest Area sepanjang tol Jakarta menuju Surabaya juga akan menjadi titik utama macet Lebaran tahun ini. Untuk kenyamanan pemudik, pemerintah telah menyiapkan fasilitas top up tunai mandiri di Gerbang Tol sebanyak 50 unit. Sedangkan 50 unit lainnya diletakkan pada tempat istirahat atau Rest Area.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami