Medali Emas Terbanyak Indonesia Sepanjang Sejarah

Oleh Fitria Nurhayati, 2 September 2018

Dengan pencapaian ini, pemerintah menyiapkan regulasi untuk mendukung kesejahteraan atlet.

Medali Emas Terbanyak Indonesia Sepanjang Sejarah
Unduh Infografik
Share

Indonesia berhasil memecahkan rekor perolehan medali emas terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaannya di  Asian Games. Pada perhelatan Asian Games 2018 ini, target perolehan 16 medali emas yang diberikan Presiden Jokowi berhasil dilampaui oleh para atlet, begitu pula dengan target masuk 10 besar. Indonesia mengukuhkan diri di peringkat empat dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Indonesia memperoleh medali emas dari cabang olahraga bulutangkis, pencak silat, tenis lapangan, wushu, taekwondo, dan karate. Selain itu, para atlet dari cabang olahraga balap sepeda gunung, angkat beban, paralayang, panjat dinding, dayung, jetski, hingga sepak takraw juga tidak ketinggalan mempersembahkan emas bagi Ibu Pertiwi.

Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapatkan hak untuk menambah cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada Asian Games 2018 ini, Indonesia menambah empat cabang olahraga, yakni pencak silat, paralayang, panjat dinding, dan jetski. Keempat cabang olahraga itu berhasil menyumbang 20 medali emas bagi Indonesia. Pada kesempatan sebelumnya, ketika menjadi tuan rumah Asian Games 1962, Indonesia memasukkan cabang olahraga bulutangkis yang kemudian memberi lima medali emas.

Mengapresiasi pencapaian yang diraih para atlet, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi menyatakan kementeriannya akan mendorong kemandirian cabang olahraga. Hal itu melingkupi sistem pelatihan, rekrutmen atlet, hingga modifikasi pelatihan di dalam dan luar negeri. “Mudah-mudahan, Rancangan Undang-Undang Atlet sudah bisa masuk Prolegnas tahun 2019, supaya ada payung hukum yang jelas dan tegas untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan atlet”, pungkasnya.