Indonesia Negara Paling Dermawan Sedunia

Image title
6 November 2018, 20:09

Indonesia dinobatkan menjadi negara paling dermawan di dunia menurut survei Charities Aid Foundation (CAF). Peningkatan peringkat Indonesia dalam indeks perilaku dermawan termasuk salah satu yang tertinggi di mana pada 2016 masih menduduki posisi tujuh.

Indeks kedermawanan terdiri dari tiga indikator penilaian yakni donasi uang, partisipasi sebagai relawan, dan kesediaan membantu orang asing. Meskipun mempunyai nilai indeks yang sama dengan Australia, Indonesia lebih unggul dalam dua hal yakni donasi uang dan partisipasi sebagai relawan.

(Lihat : Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Paling Dermawan di Dunia)

Adapun dari ketiga indikator penilaian, responden Indonesia lebih banyak terlibat dalam hal donasi uang dengan partisipasi sebesar 78 persen. Disusul dengan partisipasi menjadi relawan sebesar 53 persen dan kesediaan membantu orang asing sebesar 46 persen.

Sementara secara global, kegiatan donasi uang banyak dilakukan oleh responden yang berusia lebih dari 50 tahun. Sedangkan untuk perilaku membantu orang asing dan menjadi relawan paling tinggi persentasenya pada usia 30 hingga 49 tahun.  

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami