PLN
Arief Kamaludin|KATADATA
Beban pembayaran utang menyedot kas PLN. Padahal, PLN harus membangun infrastruktur kelistrikan di seluruh Indonesia yang butuh dana puluhan triliun.
Beban pembayaran utang menyedot kas PLN. Padahal, PLN harus membangun infrastruktur kelistrikan di seluruh Indonesia yang butuh dana puluhan triliun.
Jika sudah memulai masa eksplorasi dan eksploitasi maka kontraktor migas harus berurusan dengan 373 perizinan yang tersebar di 19 kementerian dan lembaga.
Dengan tambahan bagi hasil, menurut Arcandra, Internal Rate of Return (IRR) skema gross split dengan bagi hasil yang menggunakan cost recovery hampir sama, atau lebih besar.
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan merupakan proyek sektor air minum pertama di Indonesia yang menggunakan skema KPBU plus mendapatkan fasilitas VGF dari Kementerian Keuangan.
Agar tak mengulang kesalahan lelang sebelumnya, Kementerian ESDM jemput bola dengan menawarkan langsung 15 blok yang akan dilelang tahun ini kepada perusahaan migas.
Anggaran subsidi energi naik menjadi Rp 103,1 triliun. Tren pembengkakan subsidi berpotensi mengancam anggaran negara karena Jokowi dikabarkan akan mendahulukan kebijakan populis menjelang 2019.

Praktik pejabat negara merangkap komisaris BUMN sudah berlangsung lama. Presiden menaruh perhatian khusus atas praktik yang disebut melanggar UU tersebut. Solusinya perlu sinkronisasi tiga UU.
“Kalau masih lambat nanti termasuk Pak Amien (diganti). Jangan terlalu banyak rapat,” ujar Jonan.
Jika dipatuhi, maka konsumen diperkirakan bisa mengirit belanja gula Rp 10 triliun per tahun.
Menteri perindustrian mengeluarkan aturan yang memungkinkan pabrik gula baru mengimpor bahan baku. Petani tebu menganggapnya rawan dijadikan ladang rente.
Hingga tahun lalu, Indonesia telah menghentikan 22 perjanjian investasi bilateral (BIT) dengan negara mitra karena dinilai merugikan dan rawan sengketa di arbitrase internasional.
Elia pernah jadi CEO Pandega Citra tahun 2006, perusahaan properti pemilik Balikpapan Plaza, kepunyaan keluarga Soemarno. Hubungan Elia dan Rini Soemarno ini kabarnya sempat memecah anggota kabinet.