Erick Thohir Ketua Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama

Image title
Oleh Yanuar
18 Juni 2022, 21:21
Erick Thohir Ketua Peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/zk/nym.
Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kiri)

Erick Thohir didapuk sebagai ketua panitia peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), karena Menteri BUMN ini kader organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

Ketua Pengurus Besar NU, KH Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur mengatakan, Erick ditunjuk sebagai ketua karena satu dari sembilan agenda dalam peringatan satu abad NU adalah menyasar kemandirian umat secara ekonomi.  

Sosok Erick Thohir, yang berkiprah di dunia ekonomi dinilai pas dengan pesan yang ingin diusung pada peringatan satu abad NU itu.

Menurut Gus Fahrur, NU sudah berusia satu abad. NU pun akan menunjukkan prestasi satu abad tersebut dan cara membangun abad kedua.  Memasuki abad kedua tentu juga ada harapan terkait kebangkitan ekonomi para santri.

“karenanya salah satu agendanya Gerakan Kemandirian NU. Kemandirian pada ekonomi, pendidikan, dan kesehatan," ujar dia Jumat (17/6).

Nahdlatul Ulama didirikan pada 31 Januari 1926 M atau 16 Rajab 1344 H. Peringatan ulang tahun digelar dua kali, yakni setiap 31 Januari dan 16 Rajab. Menurut kalender Hijriyah, tahun depan NU tepat berumur satu abad.

Agenda lain dalam peringatan satu abad NU akan terkait dengan refleksi pencapaian organisisasi massa itu dalam satu abad pertama dan proyeksi menyongsong abad kedua.

Ada pun agenda penting dalam peringatan itu akan diselenggarakannya dialog antarpemimpin Islam sedunia maupun dengan pimpinan agama lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...