Erick Arahkan Fokus 3 Bank BUMN, Tidak Berebut di Ceruk yang Sama

Image title
Oleh Yanuar
22 Juni 2022, 14:23
Fokus 3 Bank BUMN
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri BUMN Erick Thohir menekankan pentingnya bank BUMN fokus pada segmen tertentu sesuai dengan kekuatan dan potensi masing-masing.

Bank Mandiri fokus pada korporasi, BRI menggarap pasar UMKM, dan BNI menjadi bank internasional yang berorientasi ekspor produk Indonesia.

Rilis Kementerian BUMN yang diunggah di akun Twitter pada Senin (20/6) menyebutkan Menteri BUMN Erick Thohir telah menancapkan dua fokus prioritas dalam mewujudkan keseimbangan melalui pendanaan dan pendampingan.

“Untuk itu, Erick pun memetakan fokus masing-masing bank BUMN agar tak lagi saling bersaing memperebutkan sektor pembiayaan korporasi besar dan melupakan UMKM.”

Sejak awal kepemimpinan Erick di Kementerian BUMN arah dan kebijakan tersebut telah di kedepankan.

Sesuai segmentasinya BRI fokus dalam membangun  ekosistem ultra mikro sehingga dapat menjadi game changer atau pendobrak yang mengubah situasi dan lingkungan bisnis.

Dengan begitu, rakyat kecil tidak lagi menjadi korban lintah darat dan memperoleh kesempatan untuk mengakses pembiayaan. 

Peran BUMN Jasa Keuangan bisa semakin dalam dan menjadi katalis positif dalam pertumbuhan ekonomi. Dengan potensi dan segmentasi tugas untuk setiap bank BUMN yang jelas, sehingga bisa berjalan efektif terutama di tengah momentum pemulihan ekonomi.

Spesialisasi unik dan berbeda yang telah terbangun menjamin tidak ada tumpang tindih dalam operasional antara bank BUMN yang satu dengan yang lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...