Bangun Industri Pertahanan, BUMN Gerak Cepat Jalin Kerja Sama

Padjar Iswara
26 Juni 2022, 20:24
Bangun Industri Pertahanan, BUMN Gerak Cepat Jalin Kerja Sama
Istimewa/Katadata
Pertemuan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri BUMN, Erick Thohir di kantor Kementerian Pertahanan, Minggu (19/6).

Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan dan sejumlah perusahaan milik negara bergerak cepat pasca Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Menteri Pertahanan Prabowo belum lama ini.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan antara lain menjajaki kerja sama di bidang pertahanan dengan Uni Arab Emirat (UAE).

Selasa pekan lalu (23/6), Prabowo menerima kunjungan delegasi UAE  yang dipimpin Assistant Undersecretary for Support and Defence Industries of UAE MoD MG. Dr. Mubarak Al Jabari.

Kunjungan itu ditindaklanjuti dengan pertemuan antara delegasi UAE dengan Staf Ahli Bidang Industri Rabin Indrajad Hattari, Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Liliek Mayasari dan Direksi dari Perusahaan BUMN bidang Pertahanan (Defend ID).

Pertemuan membicarakan mengenai kerja sama yang telah berlangsung dan potensi kerja sama strategis yang dapat dijalin lebih lanjut antara BUMN Industri Pertahanan Indonesia dengan Negara UAE.

Terutama di bidang Alat Utama Sistem Pertahanan (Alusista) yang meliputi matra darat, laut dan udara.

Melalui pertemuan ini, kedua belah pihak juga berharap dapat semakin mempererat hubungan bilateral antara kedua negara yang telah lama terjalin.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan UAE sangat strategis. Negara Teluk ini memiliki kekuatan sebagai sebuah bangsa dalam aspek ekonomi dan teknologi.

UAE memiliki Emirates Defense Technology (EDT) yang menyediakan solusi militer dan pertahanan terbaik untuk basis klien lokal, regional, dan global.

Tim EDT menyediakan teknologi yang telah terbukti dengan kualitas tak tertandingi berdasarkan inovasi dan pemikiran ke depan.

Layanan teknologi fokus pada menghadirkan desain yang luar biasa, keunggulan teknik, integrasi sistem, manufaktur dan pengembangan, solusi pelindung dan konsultasi offset.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...