Profil Azwar Anas, Menteri PAN-RB Baru yang Digadang Bakal Capres 2024

Rizky Alika
7 September 2022, 09:58
azwar anas, menpan rb, jokowi
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.
Abdullah Azwar Anas saat masih menjabat sebagai Bupati Banyuwangi menyampaikan pidato pada acara pembukaan Banyuwangi Festival 2021 di Pendopo Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (17/2/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) siang ini, Rabu (7/9). Ia akan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022.

Sama seperti Tjahjo, Azwar Anas merupakan kader PDI Perjuangan. Meski bukan pengurus teras partai tersebut, Azwar diketahui dekat dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Saat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar kerap menuai pujian dari Megawati karena dianggap salah satu sosok kepala daerah yang berprestasi.

Advertisement

Tak cuma itu, Azwar juga digadang-gadang sebagai salah satu kandidat calon presiden 2024 dari PDIP. Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto pernah menyebut nama Azwar bersama dengan Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai calon yang berpotensi diusung PDIP pada Pemilihan Presiden 2024.

Sebelum menjadi politikus partai banteng, pria kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur, 6 Agustus 1973 ini mengawali karier politiknya di Utusan Golongan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Azwar menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI) pada 1994-1999. Pada 1995, Azwar meraih penghargaan dari Rektor UI sebagai Mahasiswa Berprestasi. Kemudian, ia melanjutkan studi magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI pada 2002-2005.

Pada awal kariernya, ia bekerja sebagai reporter di Radio Prosalina FM. Ia juga pernah menduduki posisi news director atau direktur pemberitaan di Radio Attahiriyah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement