Rusia Bersiap Membalas Jepang hingga Jerman karena Batasi Harga Minyak

Desy Setyowati
4 Desember 2022, 10:52
rusia, harga minyak, jerman, jepang
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin

Negara G7, Uni Eropa, dan Australia membatasi harga minyak dari Rusia maksimal US$ 60 atau sekitar Rp 936.180 per barel. Rusia pun menyiapkan tanggapan atas kebijakan ini.

Grup Tujuh (G7) terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Mereka sepakat bahwa negara non-Uni Eropa bisa terus mengimpor minyak mentah Rusia melalui laut. Namun, negara-negara G7 itu bakal melarang perusahaan pengiriman, asuransi, dan reasuransi menangani kargo minyak mentah Rusia di seluruh dunia, kecuali dijual dengan harga di bawah US$ 60.

Pembatasan harga minyak Rusia tersebut dapat mengurangi pendapatan Kremlin. Kesepakatan tersebut juga bisa mempersulit negara lain membeli minyak mentah Rusia.

Moskow menolak kesepakatan tersebut. “Kami tidak akan menerima (batasan harga minyak tersebut),” kata Rusia dikutip dari Reuters, Sabtu (3/12) waktu setempat.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Moskow menyiapkan pernyataan atas batasan harga minyak. "Rusia akan melakukan analisis cepat terhadap perjanjian tersebut dan menanggapinya setelah itu,” demikian isi laporan kantor berita Rusia RIA.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...