Minyak Goreng Subsidi Minyakita Langka dan Harganya Melonjak

Tia Dwitiani Komalasari
30 Januari 2023, 14:16
Warga memperlihatkan minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Warga memperlihatkan minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Minyak goreng subsidi merek Minyakita langka di pasar dan dijual di atas harga Eceran Tertinggi atau HET. Ikatan Pedagang Pasar Indonesia atau Ikappi menyatakan harga Minyakita di sejumlah daerah tembus Rp 16 ribu per liter, jauh di atas HET Rp 14 ribu per liter.

Ketua Bidang Penguatan Usaha dan Investasi DPP Ikappi Ahmad Choirul Furqon mengatakan, saat ini minyak goreng subsidi merek Minyakita mulai sulit ditemukan. Bila pun mendapatinya, harga Minyakita sudah jauh di atas HET.

"Minyak goreng subsidi di lapangan sudah langka. Kalaupun ada itupun harganya sudah tidak sesuai HET, bahkan jauh dari batas HET, " kata Ahmad Choirul Furqon dalam keterangan tertulis, Senin (30/1).

Terjadi Jelang Ramadan

Berdasarkan catatan Ikappi, harga Minyakita di sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur mencapai Rp 16 ribu per liter. Furqon menilai kondisi ini mengkhawatirkan karena terjadi  dua bulan menjelang Bulan Ramadan. Biasanya, konsumsi masyarakat ketika itu meningkat.

Dia mengatakan, pedagang berharap pemerintah dapat mengatasi kondisi ini. "Jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang sengaja membuat harga minyak goreng yang harusnya hak rakyat kecil malah bergejolak," ujarnya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Pagotan, Yuliani, mengatakan Minyakita sulit didapatkan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur sejak dua pekan terakhir. Kelangkaan itu memicu harga jual Minyakita naik menjadi Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu per liter.

"Sekarang juga mulai langka, banyak yang kosong," ujar Yuliani di Madiun, seperti dikutip dari Antara, Senin (30/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...