Indonesia Ganti Ibu Kota pada 2024, Ini 5 Negara yang Alami Hal Serupa

Tia Dwitiani Komalasari
8 Februari 2023, 13:44
Pengerjaan proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Minggu (5/2).
Dokumentasi Kementerian PUPR
Pengerjaan proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Minggu (5/2).

Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia akan pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur mulai tahun depan. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Presiden atau Keppres pada semester I tahun 2024.

"Mana kala presiden mengeluarkan Kepppres pada 2024, ibu kota akan pindah ke IKN Nusantara. Walaupun 2024, namun persiapan sudah kami lakukan sejak sekarang," ujar Bambang saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/2).

Sebelumnya terdapat sejumlah negara yang sudah melakukan pemindahan ibu kota. Pemindahan ibu kota tersebut biasanya memisahkan antara kawasan pemerintahan dan ekonomi.

Berikut 5 negara yang sudah melakukan pemindahan ibu kota:

1. Amerika Serikat

New York pernah menjadi Ibu kota Amerika Serikat selama lima tahun yakni dari 1785 hingga 1790. Namun ibu kota As pindah ke Washiton DC sejak 1790 hingga saat ini.

Pemilihan ibu kota melewati proses panjang yang dilakukan oleh kongres AS. Pemindahan ibu kota itu pun apada akhirnya memisahkan pusat kegitan pemerintahan dan bisnis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...