Kata Polisi soal Video Viral Mario Dandy Pakai Kabel Ties Sendiri

Desy Setyowati
27 Mei 2023, 11:15
Mario Dandy Satriyo, video Mario Dandy
Instagram @viralsekali
Viral video yang menunjukkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties atau kabel pengikat sendiri

Viral video yang menunjukkan Mario Dandy Satriyo menggunakan kabel ties atau kabel pengikat sendiri. Polda Metro Jaya mengatakan, ini merupakan hasil pengeditan dua rekaman video dari peristiwa yang berbeda.

"Video tersebut merupakan dua peristiwa yang melalui proses pengeditan digabungkan menjadi satu frame dengan menambahkan teks dan efek latar belakang suara, sehingga menimbulkan persepsi negatif, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip dari Antara, Sabtu (27/5).

Ia menjelaskan, Mario Dandy Satriyo masih berada di kawasan rumah tahanan alias rutan Polda Metro Jaya di bawah pengawasan penyidik dan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti.

"Pada saat pengurusan administrasi penyerahan tersangka dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti kepada penyidik. Namun dalam video, Mario Dandy Satriyo dengan sendirinya tiba-tiba menggunakan kabel ties saat mengetahui adanya kamera,” ujar dia.

Fakta sesungguhnya, pasca-administrasi, penyidik secara standar operasional prosedur atau SOP memakaikan baju tahanan berwarna oranye dan memasangkan kabel ties kepada tersangka.

"Selanjutnya penyidik baru bisa membawa tersangka keluar dari rumah tahanan Polda Metro Jaya ke gedung Bid Dokkes untuk dilakukan tes kesehatan akhir sebelum dilakukan pelimpahan tahap dua ke Kejari Jakarta Selatan," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...