Indonesia Negeri Kaya Tuna

Indonesia menjadi pemasok utama tuna untuk Jepang, dan mendominasi pasar Amerika Serikat
Jeany Hartriani
12 Februari 2017, 09:49

Indonesia merupakan produsen tuna terbesar dunia terutama cakalang, sirip kuning, dan mata besar. Banyaknya tuna disebabkan wilayah perairan yang masuk dalam jalur migrasi dari Samudera Hindia dan Pasifik. Tangkapan tuna paling banyak berasal dari kawasan timur Indonesia.

Ikan ini menjadi komoditas ekspor unggulan dengan tujuan Jepang, Thailand, dan Amerika Serikat. Indonesia bahkan menjadi pemasok utama tuna di Jepang dan mendominasi pasar Amerika Serikat. Karena nilai ekonomi yang tinggi dan menjadi sebagai penyumbang devisa, pemerintah menetapkan tuna sebagai acuan industrialisasi perikanan tangkap.

Meski menjadi produsen terbesar dunia, Indonesia bukan eksportir utama, baik tuna segar maupun kaleng. Negara pengekspor tuna kaleng terbesar adalah Thailand, mencapai US$ 2,23 juta pada 2011. Sementara pada tahun yang sama ekspor tuna kaleng Indonesia hanya sebesar sebesar US$ 279,2 ribu. Sedangkan eksportir terbesar tuna segar adalah Taiwan.

Reporter: Jeany Hartriani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.