4 Raksasa Teknologi Dikejar Pajak

Sejumlah negara termasuk Indonesia tengah mengincar pajak dari Google, Facebook, Twitter, dan Yahoo.
Image title
Oleh Widyanita
29 April 2016, 20:38

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah memeriksa Google, Facebook, Twitter, dan Yahoo. Empat perusahaan asing itu tidak pernah membayar pajak meski mendapatkan penghasilan dari Indonesia. Menurut Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, ketidakhadiran perusahaan-perusahaan digital itu secara fisik di suatu negara seolah-olah membuat mereka bebas dari pajak.

Keempat perusahaan itu telah terdaftar sebagai wajib pajak di Indonesia. Dengan potensi pemasukan negara yang cukup besar, raksasa teknologi itu dituntut menunaikan kewajibannya. Indonesia bukan menjadi satu-satunya negara yang mengincar perusahaan teknologi multinasional itu agar patuh pajak. Sejumlah negara seperti Inggris dan Prancis juga membidik pungutan dari mereka.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.