Rp 103 Triliun Kredit Murah Untuk Rakyat

Pemerintah menunjuk 19 bank dan 4 lembaga pembiayaan untuk menyalurkan Rp 103 triliun kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga 9 persen di 2015.
Adek Media Roza
29 Februari 2016, 21:06

KATADATA - Tahun ini pemerintah menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 103 triliun. Melonjak lebih tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Untuk memperluas cakupan penyaluran dana tersebut, pemerintah bekerjasama dengan empat lembaga pembiayaan dan 19 bank yang didominasi bank pelat merah.

Selain menambah alokasi dana, bunga kredit pun dipangkas dari 12 persen menjadi 9 persen untuk menarik minat masyarakat. Menteri Koperasi dan UKM, Agung Ngurah Puspayoga, mengatakan, penurunan bunga merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha kecil, dan diharapkan membantu mengurangi kemiskinan. 

Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan KUR merupakan solusi keuangan terbaik untuk pengembangan bisnis wirausaha. Selain suku bunga yang rendah, kredit ini relatif lebih mudah dan cepat diperoleh. “KUR menjadi sahabat bagi wirausaha mikro dengan memberikan dukungan finansial dan nonfinansial agar mereka dapat terus berkembang”, ujar Budi.

Reporter: Widyanita
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.