Penjualan Mobil (otomotif) Triwulan I 2016 Merosot

Penjualan mobil (otomotif) triwulan I 2016 menurun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dua tipe mobil yang penjualannya meningkat adalah mobil keluarga (4x2) dan bus.
Agus Dwi Darmawan
26 April 2016, 11:35
Penjualan mobil (otomotif) triwulan I 2016 masih melanjutkan tren penurunan dalam tiga tahun terakhir. Jenis kendaraan yang mendongkrak penjualan di pasar domestik adalah mobil keluarga (4x2) yang  terjual 162 ribu unit dan bus sebanyak 682 unit. Selain kedua tipe tersebut, per Maret 2016 penjualan mobil nasional turun.
 
Grafik penjualan mobil tahunan awal tahun ini, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hanya terealisasi 267 ribu unit kendaraan atau turun 5,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sebelumnya, penjualan tertinggi pada triwulan I pernah dicapai pada Maret 2014 dengan kumulatif mencapai 328 ribu unit.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.