Beban Puncak Listrik PLN April Cetak Rekor, Sinyal Ekonomi Makin Pulih

Adi Ahdiat
17 April 2022, 15:39
Pembangkit listrik PLN.
PLN
Pembangkit listrik PLN.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat beban puncak listrik di sejumlah daerah Indonesia mengalami peningkatan pada pertengahan April 2022.

Beban puncak di sistem ketenagalistrikan Jawa-Madura-Bali (Jamali) dan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) bahkan dilaporkan naik hingga mencapai rekor tertinggi.

Advertisement

Hal ini disampaikan Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangan persnya, Sabtu (16/4).

"Realisasi beban puncak siang di sistem Jamali pada 14 April 2022 tercatat mencapai 28.693 megawatt (MW). Angka tersebut menjadi rekor tertinggi beban puncak siang hari pada sistem Jamali," terang Agung.

"Sistem Sulbagsel juga mengalami peningkatan beban puncak dan telah mencatatkan rekor tertinggi, yaitu mencapai 1.625 MW. Geliat ini naik dibandingkan rekor tahun lalu yang sebesar 1.617 MW," lanjutnya.

Agung menilai peningkatan beban puncak listrik ini merupakan sinyal pemulihan ekonomi.

“Geliat pemulihan ekonomi saat ini sudah mulai terasa. Hal ini bisa dilihat dari beban puncak listrik di beberapa daerah yang mulai meningkat. Ini sinyal optimisme bahwa masyarakat dan industri mulai meningkatkan aktivitas,” ujar Agung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement