KUA: Bimbingan Perkawinan Wajib guna Cegah Perceraian dan Stunting

Aditya Widya Putri
9 April 2023, 16:18
Penghulu membimbing pasangan pengantin yang melaksanakan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Kamis (23/2/2023). Pemerintah menetapkan pasangan yang menikah di KUA tidak dipungut biaya dan jika menikah di luar KUA dikenak
ANTARA FOTO/Khalis Surry/Lmo/tom.
Penghulu membimbing pasangan pengantin yang melaksanakan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Kamis (23/2/2023). Pemerintah menetapkan pasangan yang menikah di KUA tidak dipungut biaya dan jika menikah di luar KUA dikenakan biaya Rp600 ribu yang disetor ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014.

Dirjen Bimas Islam Ingin Bimbingan Perkawinan (Bimwin) menjadi program wajib bagi calon pengantin guna mencegah perceraian dan stunting (tengkes).

“Tolong diskusikan apakah memungkinkan, tahun depan, atau tahun depannya lagi, Bimwin diwajibkan bagi calon pengantin,” ujar Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin dalam Rapat Koordinasi Penguatan Revitalisasi KUA di Jakarta.

Advertisement

Kegiatan rapat ini digelar selama tiga hari, Sabtu hingga Senin (8-10/4), dihadiri Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Zainal Mustamin, serta Kasubdit Bina Keluarga Sakinah Agus Suryo Suripto. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Kanwil Kemenag Provinsi, Kabid, dan Kasi Bimas Islam seluruh Indonesia.

Menurut Kamaruddin, Bimwin merupakan program KUA paling fundamental untuk mengubah cara pandang dan perilaku calon pengantin agar lebih siap menghadapi pernikahan.

“Persoalan makro keluarga di Indonesia masih sangat besar dan dapat memengaruhi ketahanan keluarga, hingga berdampak pada ketahanan nasional.”

Masalah makro yang dimaksud Kamaruddin termasuk angka perceraian yang tinggi, masifnya pernikahan dini, kasus tengkes, dan kekerasan dalam rumah tangga. Persoalan-persoalan tersebut sangat mungkin dicegah dengan Bimwin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement