Proyek Hijaunesia 2023 PLN Kembangkan Energi Hijau di 108 lokasi Indon

Aditya Widya Putri
21 Mei 2023, 17:25
Seorang pekerja melakukan pemeriksaan rutin di ruang mesin turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Segara di Desa Bentek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB, Rabu (14/12/2022). PT PLN (Persero) mencatat potensi energi baru terbarukan (EBT) di
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.
Seorang pekerja melakukan pemeriksaan rutin di ruang mesin turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Segara di Desa Bentek, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, NTB, Rabu (14/12/2022). PT PLN (Persero) mencatat potensi energi baru terbarukan (EBT) di Provinsi Nusa Tenggara Barat mencapai 254,6 megawatt (MW) yang terdiri dari berbagai macam sumber potensi EBT yaitu mikrohidro dan air (PLTMH dan PLTA), bayu atau angin (PLTB), tenaga surya (PLTS), biomassa (PLTBm), panas bumi (PLTP) dan arus laut (PLTAL).

PT PLN Indonesia Power (IP), menginisiasi pengembangan pembangkit listrik energi hijau dan bersih sebesar tujuh gigawatt (GW) untuk mencapai target 23% bauran energi baru dan terbarukan (EBT) pada 2025.

Subholding PT PLN (Persero) tersebut mengajak berbagai calon mitra strategis dari 15 negara untuk berkontribusi dalam Proyek Hijaunesia 2023. PLN Indonesia Power, sebagai perusahaan pembangkitan terbesar di Asia Tenggara akan mengembangkan energi hijau sebesar tujuh GW di 108 lokasi Indonesia.

“Sejalan dengan agenda pemerintah mempercepat transisi energi ke pengembangan energi terbarukan, PLN IP menginisiasi penyusunan Proyek Hijaunesia 2023 yang mencakup multiproyek,” terang Direktur Utama PLN Indonesia Power (PLN IP) Edwin Nugraha Putra dalam dalam kegiatan Pre-Bid Conference Proyek Hijaunesia 2023 bertajuk "Investment Opportunity for Renewable Energy Projects."

Edwin menambahkan proyek yang bertujuan untuk mempercepat transisi energi di Indonesia tersebut melibatkan berbagai mitra strategis baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kami mengajak mitra strategis membantu mencapai energi masa depan yang berkelanjutan. Saat ini, kami mencari mitra dengan visi yang sama dengan kami, berkomitmen pada keunggulan, dan bersedia bekerja sama mencapai tujuan bersama," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...