5 Destinasi Wisata Alam Lumajang

Image title
10 Maret 2022, 14:51
Ilustrasi, destinasi wisata alam Lumajang.
lumajangkab.go.id
Ilustrasi, destinasi wisata alam Lumajang.

Kabupaten Lumajang merupakan satu dari sekian wilayah di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan kekayaan alam melimpah. Di sini, para pelancong bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata alam menarik untuk mengistirahatkan pikiran dari penatnya aktivitas harian.

Sekilas tentang Lumajang

Mengutip bappeda.jatimprov.go.id, luas Kabupaten Lumajang tercatat sekitar 3,74% dari luas Provinsi Jawa Timur, di mana kecamatan terbesar adalah Kecamatan Senduro.

Ada banyak potensi unggulan dari Kabupaten Lumajang. Di sektor pertanian, terdapat beberapa produksi tanaman pangan yang menonjol, seperti ubi kayu dengan produksi per tahun sebesar 9.427 ton. Selain itu, Lumajang dikenal dengan melimpahnya produksi bawang merah, pisang, dan tanaman obat-obatan.

Di sektor perikanan, penangkapan hasil laut mencapai 49.5 ton pertahun. Sedangkan, produksi peternakan yang menonjol salah satunya ayam buras dengan populasi sebesar 616.250 ekor.

Sementara itu, di sektor perkebunan, Kabupaten Lumajang memiliki potensi kelapa dengan luas areal 7.975 hektare (Ha).

Wisata Alam Lumajang

Selain hasil alam yang melimpah dari sektor pertanian hingga perkebunan, kabupaten yang terkenal dengan julukan Kota Pisang ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya:

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Banyak yang berpendapat, pemandangan yang disuguhkan air terjun Tumpak Sewu tak kalah dengan air terjun Niagara yang berlokasi di Amerika Serikat (AS). Air terjun Tumpak Sewu menghadirkan aliran air yang melingkar merembesi dinding tebing dan membentuk efek tirai.

Diberi nama Tumpak Sewu karena air terjun ini seolah memiliki seribu mata air yang mengalir deras membentuk air terjun. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian tertentu atau turun langsung ke lembahnya.

Air terjun ini terletak di Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Pengujung cukup menyiapkan dana Rp 10.000 per orang sebagai tiket masuk.

2. Air Terjun Kapas Biru

Air terjun yang masih asri ini lokasinya tersembunyi di tengah rimbunnya pepohonan dan tebing yang menjulang tinggi. Destinasi wisata ini memiliki aliran air putih deras dan di bagian sisi-sisinya muncul warna kebiruan jika dilihat dari jauh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement