5 Rekomendasi Wisata Pantai Gunungkidul

Image title
10 Maret 2022, 21:54
Ilustrasi, wisata pantai Gunungkidul.
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Ilustrasi, wisata pantai Gunungkidul.

Gunungkidul menjadi salah satu destinasi yang memiliki banyak pantai yang terdata dalam Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau pulau kecil (KP3K) mencatat sebanyak 13.466 pulau sudah di daftarkan ke United Nations Conference on the Standardization of Geographical Names (UNCSGN) 2012 silam. Harapannya, semua pulau di Indonesia sudah dicatatkan sebagai kekayaan kelautan Indonesia.

Selain itu, Gunungkidul memiliki banyak pantai pasir putih menjadi pilihan sebagai destinasi wisata. Bisa dikatakan, wilayah di Indonesia yang memiliki banyak pantai pasir putih nan indah ada di Kabupaten Gunungkidul. Beragam pantai pasir putih ini bisa menjadi rekomendasi untuk berwisata baik bersama keluarga, teman dan pasangan.

Advertisement

Berikut rekomendasi wisata pantai Gunungkidul yang dikutip dari situs informasi itrip.id:

1. Pantai Wediombo

Wisata pantai Gunungkidul yang pertama adalah Pantai Wediombo, yang terkenal dengan keindahan dan deburan ombaknya. Destinasi pantai ini akan ramai pengunjung saat memasuki musim liburan. Keindahan pantai ini tidak hanya dari pasirnya yang putih bersih, namun juga batu-batu karang di sekitar pantai. Bebatuan ini berjejer hingga ke tengah pantai dan akan terlihat jelas ketika air laut sedang surut.

Di pantai ini, para wisatawan dapat bermalam dengan membangun tenda. Karena pantainya yang cukup luas dengan pasir yang halus, bermalam di pantai ini sangat menyenangkan. Pemandangan saat sore sangat indah. Saat malam hari, Anda dapat melihat langit malam tanpa halangan.

Untuk bisa mengakses tempat ini Anda cukup membayar dengan harga Rp 5.000. Lokasinya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.

2. Pantai Ngrenehan

Wisata pantai Gunungkidul berikutnya adalah Pantai Ngrenehan. Bentuk pantai ini berupa teluk, dan di sekitarnya ada banyak perbukitan kapur dan menyajikan panorama yang memukau, dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar di antara pasir putih. Cukup aman untuk berenang atau mencari ikan.

Apabila Anda berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan, Anda juga akan dapat melihat aktivitas para nelayan yang mencari ikan. Ada banyak sekali perahu-perahu nelayan bersandar di pantai sebagai spot menarik untuk berfoto. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati sajian menu makanan atau membawa ikan-ikan segar untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Pantai Indrayanti

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement