5 Rekomendasi Wisata Pantai Gunungkidul

Berikut lima rekomendasi wisata pantai Gunungkidul yang bisa dikunjungi bersama teman, kawan dan keluarga.
Image title
10 Maret 2022, 21:54
Ilustrasi, wisata pantai Gunungkidul.
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Ilustrasi, wisata pantai Gunungkidul.

Gunungkidul menjadi salah satu destinasi yang memiliki banyak pantai yang terdata dalam Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau pulau kecil (KP3K) mencatat sebanyak 13.466 pulau sudah di daftarkan ke United Nations Conference on the Standardization of Geographical Names (UNCSGN) 2012 silam. Harapannya, semua pulau di Indonesia sudah dicatatkan sebagai kekayaan kelautan Indonesia.

Selain itu, Gunungkidul memiliki banyak pantai pasir putih menjadi pilihan sebagai destinasi wisata. Bisa dikatakan, wilayah di Indonesia yang memiliki banyak pantai pasir putih nan indah ada di Kabupaten Gunungkidul. Beragam pantai pasir putih ini bisa menjadi rekomendasi untuk berwisata baik bersama keluarga, teman dan pasangan.

Berikut rekomendasi wisata pantai Gunungkidul yang dikutip dari situs informasi itrip.id:

1. Pantai Wediombo

Advertisement

Wisata pantai Gunungkidul yang pertama adalah Pantai Wediombo, yang terkenal dengan keindahan dan deburan ombaknya. Destinasi pantai ini akan ramai pengunjung saat memasuki musim liburan. Keindahan pantai ini tidak hanya dari pasirnya yang putih bersih, namun juga batu-batu karang di sekitar pantai. Bebatuan ini berjejer hingga ke tengah pantai dan akan terlihat jelas ketika air laut sedang surut.

Di pantai ini, para wisatawan dapat bermalam dengan membangun tenda. Karena pantainya yang cukup luas dengan pasir yang halus, bermalam di pantai ini sangat menyenangkan. Pemandangan saat sore sangat indah. Saat malam hari, Anda dapat melihat langit malam tanpa halangan.

Untuk bisa mengakses tempat ini Anda cukup membayar dengan harga Rp 5.000. Lokasinya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.

2. Pantai Ngrenehan

Wisata pantai Gunungkidul berikutnya adalah Pantai Ngrenehan. Bentuk pantai ini berupa teluk, dan di sekitarnya ada banyak perbukitan kapur dan menyajikan panorama yang memukau, dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar di antara pasir putih. Cukup aman untuk berenang atau mencari ikan.

Apabila Anda berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan, Anda juga akan dapat melihat aktivitas para nelayan yang mencari ikan. Ada banyak sekali perahu-perahu nelayan bersandar di pantai sebagai spot menarik untuk berfoto. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati sajian menu makanan atau membawa ikan-ikan segar untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Pantai Indrayanti

Destinasi wisata pantai Gunungkidul lainnya adalah Pantai Indrayanti yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau, yakni hanya Rp 10.000. Pantai ini dihiasi dengan pasir putih yang bersih dan karang-karang yang eksotis. Pantai ini tergolong sebagai salah satu destinasi wisata yang paling populer.

Selain itu, Pantai Indrayanti juga menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti musala, toilet, restoran, cafe, bahkan penginapan tersedia untuk para wisatawan yang berkunjung. Sehingga kenyamanan Anda dalam berwisata sudah dilengkapi oleh warga sekitar selaku pengelola.

Kebersihan Pantai Indrayanti juga tergolong bagus, karena pihak pengelola wisata sudah memastikan bahwa tidak ada yang membuang sampah sembarang di area wisata ini. Tidak hanya wisatawan, penduduk dan pedagang di sekitar Pantai Indrayanti juga akan mendapat sanksi denda jika membuang sampah sembarangan. Sanksi ini cukup efektif dalam menjaga lingkungan di sekitar Pantai Indrayanti.

4. Pantai Siung

Rekomendasi wisata pantai Gunungkidul yang berikutnya adalah Pantai Siung, Jaraknya sekitar 75 kilometer (km) dari pusat Kota Jogjakarta. Tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga tiket masuk ke kawasan ini juga murah, yakni sebesar Rp 10.000.

Lokasi pantai pasir putih Jogja ini cukup terpencil dan menjadi referensi bagi wisatawan menyukai destinasi wisata yang tidak ramai dikunjungi wisatawan. Dengan keindahan pasir putih dan laut yang menawan, Pantai Siung bisa menjadi tempat Anda untuk melepas penat.

5. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan menyuguhkan hamparan pasir putih dengan air laut yang sangat jernih yang memanjakan mata dengan pemandangan yang sangat indah. Apabila berminat silakan berangkat ke Dusun Pule Gendus II, Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul. Harga tiket yang ditawarkan juga ekonomis hanya Rp 10.000.

Pantai Sadranan juga dilengkapi dengan penginapan dan bungalow untuk pengunjung yang ingin menginap. Harga beberapa penginapan ini sangat terjangkau karena dikelola oleh warga sekitar. Sehingga jika Anda berwisata juga sekaligus menghidupkan roda ekonomi masyarakat sekitar.

Selain dimanjakan dengan pemandangan, Anda juga akan dipandu oleh guide ke lokasi dengan pemandangan laut yang indah dan membantu mengabadikan foto. Selain snorkeling, Anda dapat mencoba perahu kano dan alat-alat safety. Kegiatan ini merupakan aktivitas yang sangat populer.

Demikianlah 5 rekomendasi wisata pantai Gunungkidul yang bisa dikunjungi oleh wisatawan baik lokal atau mancanegara, bersama keluarga, kawan hingga pasangan.  Meskipun beberapa pantai cukup sulit dijangkau, namun perjalanan akan terbayar dengan sajian keindahan alam di sekitar pantai yang bisa memanjakan mata Anda.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait