8 Wisata Alam Batu, dari Air Terjun Sampai Gunung

Image title
11 Maret 2022, 14:46
Ilustrasi, wisata alam Batu.
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
Ilustrasi, wisata alam Batu.

Berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur, wisatawan tidak perlu bingung menentukan destinasi wisata sebab kota ini punya banyak tujuan wisata, mulai dari Jawa Timur Park, Museum Angkut, Batu Night Spectaculer, sampai Predator Fun Park.

Bukan cuma wisata buatannya saja yang berlimpah, kota berjuluk Kota Apel ini juga punya wisata alam yang indah dan memukau.

Advertisement

Sekilas tentang Batu

Kota Batu terbentuk pada 2001 sebagai pecahan dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kota yang terletak sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini dikaruniai keindahan alam yang memikat.

Potensi panorama alam ini tercermin dari melimpahnya produksi pertanian, buah dan sayuran, serta jajaran pegunungan dan perbukitan. Hal tersebut membuat Kota Batu dijuluki "the real tourism city of Indonesia" oleh Bappenas.

Kota ini memiliki tiga gunung megah yang cukup populer dan telah diakui secara nasional, yaitu Gunung Panderman, Gunung Welirang, dan Gunung Arjuno. Dengan kondisi topografi pegunungan dan perbukitan tersebut menjadikan Kota Batu terkenal sebagai daerah dingin.

Wisata Alam Batu

Kota Batu bukan cuma dikenal lewat wisata buatannya saja, ada banyak tujuan wisata alam Batu yang bisa dikunjungi wisatawan. Wisata alam di Kota Batu menyuguhkan pemandangan asri dan udara sejuk yang cocok untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata alam Batu:

1. Coban Talun

Wisata alam air terjun di Kota Batu menjadi destinasi berlibur yang cukup populer. Kota Batu punya banyak air terjun dengan air yang melimpah, salah satunya Coban Talun.

Di air terjun yang terletak di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini wisatawan bebas bermain air dengan suasana alam asri sambil berswafoto dengan pemandangan yang indah.

Air terjun yang berada di ketinggian 1000-an mdpl dengan tinggi air terjun sekitar 75 meter ini juga menawarkan wisata kebun bunga, Kampung Indian Apache dan penginapan unik bernama Pagupon Camp.

2. Coban Putri

Dengan bermodalkan Rp 5.000-10.000 pengunjung sudah bisa merasakan panorama asri yang berada di Desa Oro-Oro, Kota Batu ini. Selain bermain air, air terjun anyar ini juga menyediakan gardu pandang bagi pengunjung yang hendak menikmati keindahan alam perbukitan dan lembah di Kota Batu.

Coban dengan air terjun kembar ini menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan, seperti flying fox, panjat tebing, dan masih banyak lagi.

3. Coban Rais

Coban Rais menawarkan pemandangan alam menakjubkan lewat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat dan air yang jatuh dari ketinggian 75 meter.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement