6 Rekomendasi Wisata Alam Kediri

Image title
11 Maret 2022, 15:07
Ilustrasi, wisata alam Kediri.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Ilustrasi, wisata alam Kediri.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan keindahan alam eksotis yang meneduhkan tubuh dan pikiran. Panorama alamnya tersebar ke tiap-tiap wilayah dari Sabang sampai Marauke, tak terkecuali Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Wisata Alam Kediri

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata alam kediri yang cocok dijadikan tujuan rekreasi bersama keluarga atau sahabat.

Advertisement

1. Air Terjun Dolo

Wisata alam air terjun ini terletak di di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Dengan pemandangan dan suasana alamnya yang sejuk dan asri, wisatawan dapat bersantai sambil bermain air.

Air terjun ini memililki daya tarik berupa tiga tingkatan air terjun dengan ketinggian 90 sampai 125 meter. Tingkatan pertama adalah yang paling tinggi, sedangkan tingkatan lainnya hanya beberapa meter saja.

Air yang mengalir di air terjun Dolo cukup dingin dan jernih. Sementara, untuk debitnya tidak terlalu besar dengan kolam yang dangkal, sehingga cocok untuk sekadar bermain air.

Selain pemandangan alamnya, air terjun Dolo menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, musala, toilet, rumah makan, sampai area bermain anak.

Ada mitos yang tersebar di area air terjun Dolo yang merujuk pada benda yang tergantung di pohon. Benda tersebut kadang bisa dilihat dan kadang tak kasat mata. Oleh karena itu, ada beberapa pantangan yang mesti dipatuhi pengunjung jika berkunjung ke sini, yaitu tidak bersiul, tidak bertepuk tangan, dan bersikap sewajarnya.

2. Bukit Gandrung Tanggulasi

Seperti namanya, bukit ini banyak digandrungi kaum muda yang ingin menyaksikan langsung keindahan alam Kediri dari ketinggian 615 mdpl. Meskipun terbilang baru, bukit ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, salah satunya spot untuk berfoto.

Bukan cuma itu, bukit ini juga menyediakan dua kolam renang anak dengan luas 20 meter persegi (m2). Ada juga batang pohon raksasa berukuran besar yang mampu memuat sebanyak lima orang. Terdapat tangga masuk menyerupai terowongan dan dengan posisinya yang tinggi pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam dengan lebih leluasa.

Dengan hanya bermodal Rp 6.000 saja, wisatawan sudah bisa menjajal bukit ini. Selain itu, ada berbagai fasilitas outbound yang layak untuk dicoba, seperti penyewaan ATV dan flying fox.

Bukit Gandrung Tanggulasi memiliki nilai sejarah tersendiri. Konon, bukit yang berlokasi di desa Medowo, Kecamatan Kandangan ini pada zaman dahulu dimanfaatkan oleh pasukan Jepang untuk mengintai pasukan sekutu dari arah malang yang akan masuk ke wilayah Kediri.

3. Bukit Kura-Kura Ongakan

Dinamakan bukit kura-kura karena di sini wisatawan bisa menikmati suasana alam asri dengan bentangan alam berupa gugusan bukit yang berjejer menyerupai punggung kura-kura.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement