3 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Versi QS AUR 2022

Image title
14 Maret 2022, 11:37
Ilustrasi, Bina Nusantara University (BINUS). BINUS masuk dalam dalam peringkat universitas swasta terbaik di Jakarta versi QR AUR 2022.
binus.ac.id
Ilustrasi, Bina Nusantara University (BINUS). BINUS masuk dalam dalam peringkat universitas swasta terbaik di Jakarta versi QR AUR 2022.

QS Asia University Rankings atau QS AUR adalah publikasi tahunan menggunakan metodologi dan indikator untuk menentukan peringkat universitas di Asia. Pada 2022, terdapat 687 institusi perguruan tinggi di Asia yang masuk dalam peringkat QS AUR.

Dari 687 institusi tersebut, sebanyak 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia berhasil masuk dalam peringkat QS AUR 2022. PTN dan PTS tersebut tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Jakarta.

Berdasarkan data Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, terdapat 62 universitas swasta yang berada di wilayah Jakarta, tiga di antaranya berhasil masuk dalam peringkat QS AUR 2022.

Terdapat 11 indikator penilaian yang digunakan untuk menentukan QS AUR 2022, termasuk reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, rasio fakultas/mahasiswa, jaringan riset internasional, kutipan per makalah dan makalah per fakultas, staf dengan gelar PhD, proporsi fakultas dan mahasiswa internasional, dan proporsi siswa pertukaran masuk dan siswa pertukaran keluar.

Selengkapnya, berikut tiga universitas swasta terbaik di Jakarta versi QS AUR 2022.

1. Bina Nusantara University (BINUS)

BINUS University  adalah universitas swasta terkemuka yang menawarkan program studi berstandar internasional baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana. Pada tanggal 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara (BINUS) berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS pada 20 Desember 1998. Sehingga BINUS memiliki Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, dan Program Pasca-Sarjana.

Visi:

Menjadi universitas kelas dunia dengan senantiasa mengutamakan inovasi dan kegigihan berusaha secara berkelanjutan

Misi:

  • Memberikan pengakuan dan penghargaan kepada talenta-talenta yang paling kreatif dan paling memberikan nilai tambah.
  • Menyediakan pengalaman pengajaran, pembelajaran dan penelitian bertaraf dunia yang menekankan pada keunggulan dalam penemuan ilmu pengetahuan, inovasi dan kewirausahaan.
  • Menghasilkan pemimpin-pemimpin komunitas global yang unggul.
  • Menyelenggarakan layanan profesional melalui penekanan berbasis penerapan ilmu pengetahuan di masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa Indonesia dan komunitas internasional.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada 1 Juni 1960. Sejak 1967, Universitas Atma Jaya menempati kampus di Jalan Sudirman yang terkenal dengan nama kampus Semanggi. Kini, Atma Jaya juga menempati kampus Pluit, di Jakarta Utara untuk Fakultas Kedokteran (FK), Rumah Sakit Atma Jaya (RSA), dan Rumah Duka Atma Jaya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...