3 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Versi QS AUR 2022

QS Asia University Rankings atau QS AUR kembali merilis peringkat universitas terbaik tahun 2022 di Asia. Berikut tiga universitas swasta terbaik di Jakarta versi QS AUR 2022.
Image title
14 Maret 2022, 11:37
Ilustrasi, Bina Nusantara University (BINUS). BINUS masuk dalam dalam peringkat universitas swasta terbaik di Jakarta versi QR AUR 2022.
binus.ac.id
Ilustrasi, Bina Nusantara University (BINUS). BINUS masuk dalam dalam peringkat universitas swasta terbaik di Jakarta versi QR AUR 2022.

QS Asia University Rankings atau QS AUR adalah publikasi tahunan menggunakan metodologi dan indikator untuk menentukan peringkat universitas di Asia. Pada 2022, terdapat 687 institusi perguruan tinggi di Asia yang masuk dalam peringkat QS AUR.

Dari 687 institusi tersebut, sebanyak 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia berhasil masuk dalam peringkat QS AUR 2022. PTN dan PTS tersebut tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Jakarta.

Berdasarkan data Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, terdapat 62 universitas swasta yang berada di wilayah Jakarta, tiga di antaranya berhasil masuk dalam peringkat QS AUR 2022.

Terdapat 11 indikator penilaian yang digunakan untuk menentukan QS AUR 2022, termasuk reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, rasio fakultas/mahasiswa, jaringan riset internasional, kutipan per makalah dan makalah per fakultas, staf dengan gelar PhD, proporsi fakultas dan mahasiswa internasional, dan proporsi siswa pertukaran masuk dan siswa pertukaran keluar.

Advertisement

Selengkapnya, berikut tiga universitas swasta terbaik di Jakarta versi QS AUR 2022.

1. Bina Nusantara University (BINUS)

BINUS University  adalah universitas swasta terkemuka yang menawarkan program studi berstandar internasional baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana. Pada tanggal 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara (BINUS) berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS pada 20 Desember 1998. Sehingga BINUS memiliki Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, dan Program Pasca-Sarjana.

Visi:

Menjadi universitas kelas dunia dengan senantiasa mengutamakan inovasi dan kegigihan berusaha secara berkelanjutan

Misi:

  • Memberikan pengakuan dan penghargaan kepada talenta-talenta yang paling kreatif dan paling memberikan nilai tambah.
  • Menyediakan pengalaman pengajaran, pembelajaran dan penelitian bertaraf dunia yang menekankan pada keunggulan dalam penemuan ilmu pengetahuan, inovasi dan kewirausahaan.
  • Menghasilkan pemimpin-pemimpin komunitas global yang unggul.
  • Menyelenggarakan layanan profesional melalui penekanan berbasis penerapan ilmu pengetahuan di masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa Indonesia dan komunitas internasional.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya)

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada 1 Juni 1960. Sejak 1967, Universitas Atma Jaya menempati kampus di Jalan Sudirman yang terkenal dengan nama kampus Semanggi. Kini, Atma Jaya juga menempati kampus Pluit, di Jakarta Utara untuk Fakultas Kedokteran (FK), Rumah Sakit Atma Jaya (RSA), dan Rumah Duka Atma Jaya.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya memiliki tujuh Fakultas dengan 18 program studi untuk sarjana (S1), delapan program magister (S2), serta satu program doktor (S3).

Visi:

Universitas mempunyai visi menjadi perguruan tinggi terkemuka yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional yang secara konsisten mewujudkan perpaduan antara iman kristiani, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya Indonesia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi untuk pengembangan ilmu, profesionalisme, dan karakter peserta didik.
  • Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan untuk kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya (IPTEKS).
  • Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang IPTEKS untuk kepentingan masyarakat.
  • Mengelola pendidikan tinggi secara efektif dan efisien dalam suasana akademik yang beretika dan bermartabat.

3. Universitas Tarumanagara

Berdirinya Yayasan Tarumanagara pada 18 Juni 1959 merupakan cikal bakal Universitas Tarumanagara. Di tahun yang sama, Universitas Tarumanagara membuka Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara Jurusan Ekonomi Perusahaan.

Kini, Universitas Tarumanagara menyelenggarakan proses pembelajaran melalui 30 program studi dalam delapan fakultas dan program pascasarjana, yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Visi:

Menjadi universitas entrepreneurial unggul yang memiliki integritas dan profesionalisme di Asia Tenggara

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan berdasarkan nilai-nilai Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship (IPE).
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan tridharma bagi seluruh sivitas akademika yang berdasarkan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship.
  • Menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ilmu, teknologi, dan seni secara berkesinambungan.
  • Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring.

Demikian profil tiga universitas swasta terbaik di Jakarta versi QS AUR 2022.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait