6 Pilihan Wisata Kuliner Solo yang Wajib Dicoba

Image title
14 Maret 2022, 14:51
Ilustrasi, wisata kuliner Solo. Kota Solo menawarkan berbagai jenis kuliner yang memiliki varian rasa dari pedas, manis, hingga gurih. Selain lezar, harganya ekonomis.
indonesia.go.id
Ilustrasi, wisata kuliner Solo. Kota Solo menawarkan berbagai jenis kuliner yang memiliki varian rasa dari pedas, manis, hingga gurih. Selain lezar, harganya ekonomis.

Kota Surakarta atau sering disebut Solo merupakan salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Kota ini menawarkan nuansa budaya Jawa yang kental, dan terkenal dengan batiknya, yang digemari banyak wisatawan. Selain itu, Solo juga memiliki dua destinasi wisata budaya yang terkenal, yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran.

Meski demikian, Kota Solo tak hanya terkenal akan kekayaan budayanya, melainkan juga kulinernya yang sangat terkenal. Wisata kuliner Solo menjadi salah satu daya tarik wilayah ini, karena menawarkan berbagai hidangan lezat dengan berbagai ragam rasa, dari pedas , gurih, asin hingga manis.

Advertisement

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata kuliner Solo yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke kota yang mendapat sebutan "The Spirit of Java" ini.

1. Serabi Notosuman

Salah satu destinasi wisata kuliner Solo yang harus Anda coba adalah Serabi Notosuman, yang sudah hadir menemani masyarakat Solo sejak 1923. Saat ini, Serabi Notosuman dikenal sebagai salah satu jenis kuliner asal Solo yang cukup legendaris. Meski telah hadir sejak lama, kuliner ini masih populer hingga sekarang karena menawarkan cita rasa yang lezat. Dibuat menggunakan adonan tepung beras dan santan, serabi ini memiliki tekstur yang lembut dengan pinggiran renyah. Seluruh serabi juga dimasak secara tradisional, yakni menggunakan tungku kecil.

Ada dua varian rasa serabi yang sebaiknya Anda coba di Serabi Notosuman, yakni polos dan cokelat. Satu porsi serabi terdiri dari sepuluh buah dan dijual seharga kurang lebih Rp 20.000 untuk serabi polos dan Rp 25.000 untuk serabi cokelat. Selain dapat dinikmati di lokasi, Anda juga bisa menjadikan serabi ini sebagai oleh-oleh dari Solo.

2. Selat Solo Mbak Lies

Sajian fresh salad ala Kota Solo disebut dengan Selat Solo ini bisa dikatakan menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan. Lokasi wisata kuliner Solo satu ini berada sedikit jauh dari area publik, tepatnya berada di Gang II No 42, Serengan. Tidak usah khawatir soal rasa, usaha Anda untuk menemukan tempat ini pasti akan terbayar dengan selat Solo yang menggugah selera.

Hanya dengan harga Rp 28.000, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi selat Solo yang terdiri dari potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun dan irisan bawang merah. Tidak ketinggalan, kuah segar dan mustard yang terbuat dari cuka dan campuran kuning telur semakin melengkapi kenikmatan kuliner satu ini.

Tak hanya menyajikan kuliner yang lezat dan membuat lidah terpikat, Selat Soto Mbak Lies juga memiliki dekorasi interior yang unik. Di dalamnya, Anda bisa menemukan banyak ornamen keramik mulai dari piring hiasan dinding, guci, hingga lukisan yang ditata sedemikian rupa.

3. Sate Kambing H. Bejo

Bila Anda pecinta olahan daging dalam bentuk sate, maka tak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke warung sate milik H. Bejo. Salah satu menu pilihannya adalah sate buntel daging, yang menggunakan daging kambing cincang yang dibuntel (buntel dalam Bahasa Jawa artinya bungkus) dengan lemak kambing yang kemudian dibakar. Selain bisa memesan sate buntel, di sini tersedia menu lainnya seperti gule, tongseng, tengkleng.

Bila Anda sedang mengunjungi Solo, kuliner satu ini wajib masuk daftar wisata kuliner yang tak boleh terlewatkan. Kuliner ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena menjadi langganan Presiden Joko Widodo bahkan semenjak dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sate Kambing H. Bejo ini sendiri berlokasi di Jl. Lojiwetan. Saat Anda sedang berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement