4 Pilihan Aplikasi Trading Terbaik dan Aman untuk Dicoba

Image title
14 Maret 2022, 15:59
Ilustrasi, pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ragam aplikasi trading terbaik sudah hadir di Indonesia sejak lama, yang mampu memberikan kemudahan bagi trader dan investor.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi, pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ragam aplikasi trading terbaik sudah hadir di Indonesia sejak lama, yang mampu memberikan kemudahan bagi trader dan investor.

Maraknya kasus binary option yang menyeret sejumlah nama afiliator terkenal, seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan, membuat masyarakat mesti lebih berhati-hati dalam memilih platform trading.

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan maupun perjudian berkedok trading, bisa dilakukan dengan menelusuri daftar aplikasi trading legal, yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ada beberapa aplikasi trading terbaik yang telah mengantongi izin operasi dari pemerintah. Namun, sebelum membahas apa saja aplikasi trading tersebut, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu trading.

Pengertian Trading

Trading menjadi istilah yang kerap dipakai dalam dunia pasar modal dan perdagangan valuta asing atau forex. Untuk memeroleh profit, pelaku trading biasanya bekerja sendiri untuk mencapai target.

Baik trading maupun investasi memiliki tujuan yang sama, yakni menghasilkan keuntungan. Hanya saja, perbedaan keduanya dapat dilihat dari segi waktu dan fokusnya. Trading merujuk pada kegiatan transaksi yang dilakukan dengan sering dan dalam jangka waktu pendek. Sehingga seorang yang melakukan trading mesti memahami kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual aset mereka.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa trading fokus mencari keuntungan dengan cara sering membeli dan menjual aset, sehingga para pelakunya atau disebut trader cenderung akan lebih aktif untuk memantau pergerakan pasar.

Aplikasi Trading Terbaik

Berikut aplikasi trading terbaik yang aman dan telah mendapat izin operasi OJK.

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas yang berdiri sejak 1994 dengan nama Monas Buana Securities ini kerap menduduki Top 3 Stock Exchanges.

Pada 2018, Mirae Asset Sekuritas sukses mencatatkan namanya sebagai sekuritas terbaik di Indonesia. Sementara, per September 2020 lalu, perusahaan sekuritas ini berhasil mencetak nilai transaksi saham tertinggi, yakni Rp 227,13 triliun.

Mirae Asset Sekuritas menawarkan beberapa layanan investasi, seperti transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi, transaksi saham dan reksa dana online untuk produk konvensional ataupun syariah, transaksi saham secara margin, hingga riset perusahaan dan ekonomi.

Mirae Asset juga bisa diakses secara digital melalui dua aplikasi yang sudah dikeluarkan perusahaan, yakni HOST (khusus pengguna PC atau lapotp) dan NEO HOST (untuk pengguna smartphone). Kendati minimum depositnya cukup besar, yakni Rp 10 juta, namun fee transaksi saham di Mirae Asset cukup rendah, yakni 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk beli.

2. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahan sekuritas terbaik dan terbesar di Indonesia.  Sekuritas ini menawarkan investasi di pasar modal, baik untuk perorangan maupun korporasi. Perusahaan ini juga telah mengantongi izin dari OJK Nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...