4 Pilihan Aplikasi Trading Terbaik dan Aman untuk Dicoba

Aplikasi trading terbaik dan aman tentunya telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa keuangan (OJK). Pemilihan aplikasi ini penting, agar seseorang tidak tertipu oleh entitas-entitas ilegal.
Image title
14 Maret 2022, 15:59
Ilustrasi, pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ragam aplikasi trading terbaik sudah hadir di Indonesia sejak lama, yang mampu memberikan kemudahan bagi trader dan investor.
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi, pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ragam aplikasi trading terbaik sudah hadir di Indonesia sejak lama, yang mampu memberikan kemudahan bagi trader dan investor.

Maraknya kasus binary option yang menyeret sejumlah nama afiliator terkenal, seperti Indra Kenz dan Doni Salmanan, membuat masyarakat mesti lebih berhati-hati dalam memilih platform trading.

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan maupun perjudian berkedok trading, bisa dilakukan dengan menelusuri daftar aplikasi trading legal, yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ada beberapa aplikasi trading terbaik yang telah mengantongi izin operasi dari pemerintah. Namun, sebelum membahas apa saja aplikasi trading tersebut, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu trading.

Pengertian Trading

Trading menjadi istilah yang kerap dipakai dalam dunia pasar modal dan perdagangan valuta asing atau forex. Untuk memeroleh profit, pelaku trading biasanya bekerja sendiri untuk mencapai target.

Advertisement

Baik trading maupun investasi memiliki tujuan yang sama, yakni menghasilkan keuntungan. Hanya saja, perbedaan keduanya dapat dilihat dari segi waktu dan fokusnya. Trading merujuk pada kegiatan transaksi yang dilakukan dengan sering dan dalam jangka waktu pendek. Sehingga seorang yang melakukan trading mesti memahami kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual aset mereka.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa trading fokus mencari keuntungan dengan cara sering membeli dan menjual aset, sehingga para pelakunya atau disebut trader cenderung akan lebih aktif untuk memantau pergerakan pasar.

Aplikasi Trading Terbaik

Berikut aplikasi trading terbaik yang aman dan telah mendapat izin operasi OJK.

1. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas yang berdiri sejak 1994 dengan nama Monas Buana Securities ini kerap menduduki Top 3 Stock Exchanges.

Pada 2018, Mirae Asset Sekuritas sukses mencatatkan namanya sebagai sekuritas terbaik di Indonesia. Sementara, per September 2020 lalu, perusahaan sekuritas ini berhasil mencetak nilai transaksi saham tertinggi, yakni Rp 227,13 triliun.

Mirae Asset Sekuritas menawarkan beberapa layanan investasi, seperti transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi, transaksi saham dan reksa dana online untuk produk konvensional ataupun syariah, transaksi saham secara margin, hingga riset perusahaan dan ekonomi.

Mirae Asset juga bisa diakses secara digital melalui dua aplikasi yang sudah dikeluarkan perusahaan, yakni HOST (khusus pengguna PC atau lapotp) dan NEO HOST (untuk pengguna smartphone). Kendati minimum depositnya cukup besar, yakni Rp 10 juta, namun fee transaksi saham di Mirae Asset cukup rendah, yakni 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk beli.

2. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahan sekuritas terbaik dan terbesar di Indonesia.  Sekuritas ini menawarkan investasi di pasar modal, baik untuk perorangan maupun korporasi. Perusahaan ini juga telah mengantongi izin dari OJK Nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Indo Premier Sekuritas menawarkan sejumlah produk layanan, di antaranya investsi reksadana, investment banking, equality sales & trading, dan fixed income sales and trading.

Indo Premier Sekuritas memiliki aplikasi Indo Premier Online Technology (IPOT) yang tersedia di Play Store. IPOT menjadi salah satu aplikasi sekuritas populer di Indonesia dengan menawarkan investasi saham, reksdana, dan Exchange Traded Fund (ETF).

Salah satu fitur unggulan aplikasi IPOT, yaitu robo trading dan fund evaluator. Fitur tersebut bisa menjalankan seluruh instruksi pemesanan atau order jual dan beli pada saham dan harga yang sudah ditentukan, sehingga memperkecil risiko investor kehilangan kesempatan bertransaksi pada harga yang diincar.

3. Ajaib

Ajaib Sekuritas atau PT Ajaib Sekuritas Asia berdiri pada 1989 dan terdaftar di OJK dengan nomor izin KEP-171/PM/1992. Ajaib Group menaungi Ajaib Sekuritas dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia).

Mengutip laman resmi ajaib.co.id, saat ini ada lebih dari 1 juta orang yang sudah berinvestasi saham di Ajaib. Salah satu daya tarik Ajaib ialah proses pengunaannya yang terkesan sangat interface, ramah digunakan, serta tampilannya yang sederhana.

Trading saham Indonesia diramaikan oleh Ajaib pada tanggal 26 Juni 2020. Ajaib secara resmi mengakuisisi perusahaan sekuritas PT Primasia Unggul Sekuritas. Untuk trading saham dengan Ajaib cukup melalui handphone. Pendafaran hingga transaksi saham dilakukan dalam aplikasi. Berikut tahapannya:

  • Menginstal aplikasi Ajaib.
  • Mendaftarkan diri di aplikasi Ajaib dengan menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pilih tombol "Buka Akun Saham" dan pilih jenis investasi saham. Akan ada formulir berjumlah enam halaman yang harus dilengkapi.
  • Setelah memiliki akun, Anda mesti mengisi saldo terlebih dahulu untuk bisa berinvestasi
  • Setelah memiliki saldo, Anda sudah bisa melakukan pembelian instrumen investasi.

Ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki Ajaib, yaitu:

  • Ajaib Alert: sistem notifikasi yang dapat memberikan informasi terkait emiten yang telah dipilih terkait harga atau berita terbaru.
  • Informasi Emiten: Ajaib memberikan edukasi dan informasi pada tiap emiten. Informasi tersebut meliputi profil perusahaan, informasi fundamental,informasi laporan performa keuangan, hingga competitive ranking, yang menunjukkan urutan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain dalam industri sejenis.

4. J.P. Morgan Sekuritas Indonesia

Mengutip laman resminya, PT J.P Morgan Sekuritas Indonesia adalah sebuah perusahaan patungan yang didirikan pada 12 Mei 1989. Perusahaan mempunyai izin usaha sebagai Perantara Pedagang Efek (KEP-59/PM/1992) dan Penjamin Emisi Efek (KEP-55/PM/1992) dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan pada 1992.

J.P. Morgan Sekuritas Indonesia mencapai total transaksi saham senilai Rp143,93 triliun dengan volume sebanyak 86,81 miliar saham.

J.P. Morgan Sekuritas Indonesia menawarkan beberapa layanan, seperti:

  • Manajemen aset: Platform J.P. Morgan dalam layanan ini bernama Morgan Money yang menyediakan layanan pertukaran mata uang, sistem trading, dan manajemen risiko. Layanan ini juga didukung dengan institutional asset management yang menyediakan informasi spesifik terkait laporan performa dan sebagainya.
  • Commercial banking: Sekuritas ini memiliki fokus pada bidang bank komersil dengan nama Chase Connect untuk klien pasar menengah guna mengontrol cash flow dan mengatur berbagai aktivtias perbankan untuk bisnis.
  • Private banking: Private banking tersedia dengan sistem online dan keamanan yang tak perlu diragukan, sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk mengakses transaksi, saldo rekening, maupun laporan secara lokal atau internasional.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait