5 Contoh Kesimpulan Makalah dari Berbagai Sumber Penulisan

Image title
15 Maret 2022, 19:22
Ilustrasi, mahasiswa tengah mempersiapkan diri mengikuti ujian skripsi secara daring. Contoh kesimpulan makalah penting untuk dicermati mahasiswa dan peneliti muda, untuk mengetahui conoth-contoh penulisan kesimpulan yang bisa dijadikan referensi dalam pe
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Ilustrasi, mahasiswa tengah mempersiapkan diri mengikuti ujian skripsi secara daring. Contoh kesimpulan makalah penting untuk dicermati mahasiswa dan peneliti muda, untuk mengetahui conoth-contoh penulisan kesimpulan yang bisa dijadikan referensi dalam penyusunan karya ilmiah.

Bagi para mahasiswa, dosen dan peneliti, penulisan karya ilmiah baik dalam bentuk skripsi hingga disertasi tentu sudah menjadi barang yang tidak asing. Namun di balik tulisan makalah yang indah dan berbobot, ada bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam menulis makalah, yakni kesimpulan.

Para penulis diharuskan memberi penutup berupa kesimpulan dan saran. Penutup makalah berisi kesimpulan dari penelitian. Poinnya adalah menjelaskan apa temuan yang didapat dari penelitian tersebut. Di sisi lain, dalam kesimpulan juga berisi rekomendasi penulis terhadap penelitian selanjutnya. Selain itu penulis juga bisa menyarankan rekomendasi kebijakan yang bisa diambil berdasarkan hasil penelitian.

Saat ini Anda tidak perlu khawatir jika kebingungan menulis kesimpulan atau penutup makalah, ada sejumlah contoh kesimpulan makalah yang diambil dari berbagai sumber baik skripsi, jurnal hingga karya ilmiah lainnya. Berikut ini lima contoh kesimpulan makalah, yang dikutip dari penerbitbukudeepublish.com:

5 Contoh Kesimpulan Makalah

1. Contoh Kesimpulan Makalah Dari Skripsi

Contoh tulisan pertama yang bisa dijadikan rujukan dan contoh untuk kalian para peneliti maupun penulis skripsi:

KESIMPULAN

Menulis bukanlah perkara susah tapi bukan berarti mudah. Demikian kesimpulan yang didapat dari penelitian ini. Seperti yang diungkapkan oleh Noorca M. Massardi. Menulis tidak pernah menjadi sesuatu yang mudah. Akan tetapi tidak pula hal susah.

Menulis terutama fiksi memerlukan ketekunan dan kedisiplinan. Meskipun banyak yang mengungkapkan bahwa menulis merupakan kegiatan yang bergantung pada ide dan kelancaran penulis dalam melahirkan ide. Tetapi menulis perlu dilakukan secara disiplin. Tanpa kedisiplinan, penulis tidak akan menghasilkan karya.

2. Contoh Kesimpulan Makalah dari Jurnal

Berikut contoh kesimpulan makalah hasil karya Nurul Afifah, dosen Prodi PGMI STAIN Jurai Siwo Metro. Tulisan berjudul Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah dari Aspek Pembelajaran). Dipublikasikan dalam Jurnal Elementary Volume 1 Edisi 1 Januari 2015.

KESIMPULAN

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan:

1. Pendidikan sebagai suatu sistem pencerdasan anak bangsa saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan globalisasi

2. Berbagai persoalan pembelajaran terutama yang menyangkut metode pembelajaran yang tepat bagi anak didik perlu dicari jalan tengah yang terbaik sebagai solusinya

3. Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa yang akan datang akan semakin kompleks, sehingga guru dituntut untuk melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensinya.

3. Contoh Kesimpulan Makalah dari Tugas Harian

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...