Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Deskripsi

Image title
18 Maret 2022, 10:42
Ilustrasi, pengunjung mengamati berbagai contoh teks deskripsi tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Aceh di Museum Aceh di Banda Aceh.
ANTARA FOTO/Ampelsa
Ilustrasi, pengunjung mengamati berbagai contoh teks deskripsi tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Aceh di Museum Aceh di Banda Aceh.

Dalam pelajaran menulis Bahasa Indonesia terdapat pembahasan mengenai teks deskripsi. Jenis teks ini tergolong umum, karena keberadaannya ditemukan dalam berbagai karya literatur

Berikut pengertian serta contoh teks deskripsi. Dari melihat, membaca, dan menganalisis berbagai macam teks deskripsi agar lebih terlatih dalam mudah menulisnya.

Advertisement

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum memulai pembelajaran mengenai teks deskripsi, hal yang pertama harus dipahami adalah pengertiannya. Dilansir dari Ruangguru.com, bahwa teks deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya.

Teks ini biasanya berisi kalimat yang memaparkan sebuah objek (benda atau makhluk hidup), agar pembaca mendapat kesan seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut. Untuk itu, penulis harus menggunakan diksi dan bahasa yang baik agar bisa mendeskripsikan objek secara rinci.

Beragam Struktur Teks Deskripsi

Di dalam suatu teks deskripsi terdapat tentu ada struktur penulisannya, begitu pula dengan teks deskripsi. Simak detailnya berikut ini:

1. Judul
Hal yang menggambarkan isi teks.
2. Identifikasi/Gambaran Umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, atau pernyataan umum lainnya tentang objek.
3. Deskripsi Bagian
Berisi perincian bagian objek, dapat berisi apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis.
4. Simpulan/Kesan
Bagian penutup yang berisi kesan dari penulis tentang hal yang dideskripsikan.

Ciri-Ciri Isi Teks Deskripsi

1. Isi teks diperinci menjadi bagian-bagian objek
2. isi teks menggambarkan secara konkret mengenai pemandangannya, sifatnya dan beragam
3. Bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi yang kuat.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Parangtritis nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement